Comments

Thursday, May 23, 2013

10 Makanan sehat yang kaya serat

Posted by at 5:26 AM Read our previous post
10 Makanan sehat yang kaya serat


Jika Anda mengalami masalah pencernaan atau berisiko tinggi mengembangkan penyakit jantung atau diabetes, dokter mungkin akan menyarankan agar Anda memasukkan lebih banyak serat dalam menu harian Anda. Serat adalah karbohidrat yang mudah dicerna yang hadir dalam makanan tertentu. Jika Anda mencoba untuk meningkatkan asupan serat harian Anda, berikut adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi, seperti dilansir Livestrong.

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak serat. Menurut ahli gizi, kacang hitam dan kacang merah merupakan salah satu sumber serat terbaik. Anda bisa mendapatkan sekitar 15 g serat atau lebih per 1 cangkir penyajian.

2. Berry

Buah-buahan merupakan sumber serat yang baik. Menurut para ahli gizi, raspberry, blackberry dan elderberry adalah sumber terbaik dari serat makanan, dengan 8 sampai 10 g serat per 1 cangkir penyajian.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang kaya akan zat besi, beta-karoten dan serat. Menurut para ahli gizi, sayuran hijau seperti bayam, lobak hijau, dan bit hijau, merupakan sumber serat terbaik. Satu cangkir penyajian mengandung 4 sampai 5 g serat.

4. Jagung

Jagung mengandung banyak antioksidan. Sekitar setengah cangkir biji jagung, mengandung 2 gram serat. Popcorn (tanpa garam atau bumbu) juga merupakan makanan sumber serat, dengan sekitar 3,5 gram serat per tiga cangkir penyajian.

5. Alpukat

Alpukat merupakan sumber serat terbaik, dengan dua sendok makan per porsi alpukat memiliki sekitar 2 gram serat dan daging buah keseluruhannya mengandung sekitar 10 gram serat. Alpukat juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Edamame

Edamame adalah sejenis kedelai berbiji besar berwarna hijau. Setengah cangkir edamame dapat berisi hingga 11 gram protein dan 9 gram serat, tergantung pada merek produk yang Anda beli tentunya.

7. Beras merah

Jika Anda seorang pemakan beras putih, dengan tekstur kenyal dan rasa yang gurih, Anda tampaknya harus mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi beras merah. Setiap cangkir beras merah mengandung 3,5 gram serat.

8. Pir

Seperti kebanyakan buah-buahan dengan kulit yang bisa dimakan, pir adalah buah yang paling bergizi dan kaya serat ketika kulit mereka dikonsumsi secara utuh. Sebuah pir mengandung sekitar 5,5 gram serat.

9. Brokoli

Kita semua tahu bahwa brokoli sangat baik untuk kesehatan. Brokoli dapat mencegah kanker dan juga mengandung banyak serat . Anda akan mendapatkan sekitar 5,1 gram dalam secangkir brokoli rebus.

10. Apel

Seperti halnya pir, apel adalah buah yang harus dimakan bersama dengan kulitnya. Karena di situlah, nutrisi dari apel tersimpan. Sebuah apel ukuran biasa mengandung sekitar 4,4 gram serat.

Inilah sepuluh makanan kaya serat yang baik untuk Anda konsumsi setiap hari.
Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template