Comments

Monday, June 17, 2013

10 Gejala penyakit yang sering disepelekan

Posted by at 5:17 AM Read our previous post


Tubuh kita sebenarnya bisa memberi tahu jika memiliki masalah dengan kesehatan. Tubuh memberi tanda masalah kesehatan lewat berbagai macam cara, seperti warna urin yang gelap, kulit gatal, bibir pecah-pecah dan masih banyak lainnya. Namun sayangnya gejala seperti ini sering disepelekan.

Gejala tersebut memang tampak seperti bukan penyakit. Tapi jika dibiarkan bisa membahayakan hidup Anda. Berikut gejala penyakit yang sering disepelekan, dilansir mind body green.

1. Kurang tidur

Kurang tidur merupakan salah satu tanda Anda menderita gangguan kesehatan. Padahal kortisol atau hormon stres akan menurun pada malam hari ketika Anda beristirahat. Kurang tidur bisa menyebabkan stres, kelelahan dan masalah kesehatan lainnya. Untuk itu ubah jam tidur Anda menjadi lebih teratur agar tubuh bugar.

2. Makin pendek

Ternyata tubuh manusia bisa makin pendek. Mungkin Karena tulang Anda mulai merosot sebagai akibat dari osteoporosis. Pengeroposan akan mengakibatkan tulang menjadi rapuh yang menyebabkan struktur tulangnya hancur, akhirnya tulang mudah patah. Untuk melindungi tulang Anda, pastikan mendapat cukup kalsium alami, vitamin D dan olahraga.


3. Tubuh berbentuk apel

Anda tentu mengerti bentuk apel yang bulat. Nah, jika tubuh Anda menyerupai apel tandanya Anda memiliki perut dan pinggang yang gendut. Kelebihan berat badan adalah tanda buruk kesehatan. Dan bentuk tubuh apel lebih berisiko terkena penyakit jantung.

4. Selalu lemah dan cemas

Kadang-kadang kelelahan kronis adalah satu-satunya gejala Bahwa sistem saraf Anda terjebak dalam kronis, respon stres yang berulang. Sementara cemas berlebihan juga gejala tubuh tidak sehat. Perasaan cemas dapat hasil dari ketidakseimbangan hormon seks, hipertiroidisme, tumor adrenal, dan banyak lagi.


5. Urin berwarna kuning kecoklatan

Urin menjadi salah satu indikator apakah Anda sehat atau tidak. Cek warna urin Anda. Jika warnanya jernih atau sedikit kekuningan maka Anda sehat. Namun jika warnanya sangat kuning bahkan kecokelatan menunjukkan bahwa ginjal sedang bekerja terlalu keras dan ada problem dengan ginjal atau gula darah. Untuk mengatasinya konsumsi air mineral 2 liter setiap hari.


6. Mendengkur

Mendengkur mungkin satu-satunya tanda awal sleep apnea, yakni gangguan tidur ditandai dengan obstruksi pada saluran udara yang bisa meningkatkan risiko hipertensi bahkan gagal ginjal. Jika pasangan Anda kerap mendengkur sat tidur sebaiknya segera periksakan ke dokter.


7. Susah buang air besar

Idealnya manusia buang air besar setiap hari di pagi hari untuk membuang sisa pencernaan dan racun dalam tubuh. Bila Anda sembelit, racun dalam tubuh bisa meresap melalui lapisan usus, memasuki aliran darah, dan menyebabkan peradangan dan berisiko dengan berbagai penyakit. Maka konsumsi serat yang banyak agar buang air besar Anda lancar.

8. Selalu gatal dan bibir retak di bagian ujung

Gatal bisa menjadi alergi atau gangguan kulit umum lainnya. Tapi gatal yang berlebihan mungkin Juga menjadi tanda tubuh Anda memberi tahu jika Anda terkena penyakit hati. Sementara itu bibir pecah-pecah tidak hanya tanda kekurangan vitamin C dan cairan tetapi juga infeksi jamur.

9. Sering pilek

Kita semua terpapar virus dan bakteri setiap hari. Namun ada beberapa orang yang kebal terhadap virus. Nah, jika Anda sering pilek meski cuaca panas, tandanya sistem kekebalan tubuh Anda lemah. Jika sistem imun Anda lemah, Anda berisiko berbagai macam penyakit. Sebaiknya Anda rajin berolahraga, konsumsi vitamin dan makanan sehat agar tubuh Anda tidak mudah sakit.


10. Kulit ruam

Jika kulit Anda sering berjerawat, psoriasis, eksim atau ruam tandanya tubuh Anda sedang bermasalah. Anda bisa mendeteksi berbagai penyakit lewat kulit berdasarkan gejala di atas. Jika gejala tersebut tidak kunjung sembuh sebaiknya Anda kontrol ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Perhatikan tubuh Anda, apakah mengalami gejala di atas. Jika iya, sebaiknya segera periksa ke dokter.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template