Comments

Friday, June 7, 2013

13 Manfaat kesehatan makan buah jeruk

Posted by at 5:26 AM Read our previous post
13 Manfaat kesehatan makan buah jeruk


Suka makan buah jeruk? Jika iya, kabar baik buat Anda! Sebab setidaknya Anda bisa mendapatkan 13 manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah yang satu ini. Apa saja? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Care2 berikut ini.
Mencegah kankerJeruk kaya akan limonoid yang sudah terbukti mampu mencegah penyakit kanker kulit, paru-paru, payudara, lambung, dan usus besar.
Mencegah batu ginjalDemi menurunkan risiko penyakit batu ginjal, cobalah minum jus jeruk setiap hari secara rutin. Namun jangan berlebihan, karena gula yang pecah ketika jeruk diolah menjadi jus mampu membuat gigi cepat berlubang.
Menurunkan risiko kanker hatiMenurut penelitian dari Jepang, makan jeruk - khususnya jeruk mandarin - mampu menurunkan risiko kanker hati. Hal ini diduga karena kandungan vitamin A dalam buah jeruk yang dikenal dengan nama carotenoid.
Menurunkan kolesterolMeskipun mengandung banyak air, jeruk ternyata juga kaya serat yang membantu tubuh menurunkan kolesterol.
Menjaga kesehatan jantungKandungan kalium dalam buah jeruk berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap seimbang. Sehingga makan jeruk juga mampu mencegah penyakit kardiak aritmia (detak jantung tidak teratur).
Menangkal penyakitKarena kaya akan vitamin C, makan jeruk bisa melindungi sel dari serangan radikal bebas. Sehingga berbagai macam penyakit mampu ditangkal oleh buah ini.
Melawan infeksi virusPenelitian membuktikan kalau kadar polyphenol dalam buah jeruk mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.
Mengatasi sembelitSerat dalam buah jeruk bukan cuma ampuh menurunkan kolesterol, tetapi juga mengatasi sembelit dan masalah susah buang air besar.
Menyehatkan mataKomponen carotenoid pada buah jeruk yang diubah menjadi vitamin A bersifat seperti wortel. Jika dikonsumsi, kesehatan mata akan tetap terjaga.
Mengontrol tekanan darahAda flavonoid yang terkandung dalam buah jeruk. Fungsinya adalah mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.
Melindungi kulitBeta-carotene pada buah jeruk adalah antioksidan kuat yang melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, senyawa tersebut juga melindungi kulit dari tanda penuaan.
Menetralkan keasaman tubuhMeskipun jeruk bersifat asam sebelum dikonsumsi, ternyata buah yang satu ini punya khasiat menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh.
Karbohidrat sehatSama seperti buah lain yang mengandung gula, keistimewaan buah jeruk adalah kadar glikemik indeks di dalamnya yang hanya berjumlah 40. Jumlah tersebut tergolong rendah, sehingga jeruk termasuk sumber karbohidrat sehat yang tak akan meningkatkan berat badan atau kadar gula darah.
Demikian manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari makan buah jeruk. Jangan malas mengonsumsinya ya!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template