Comments

Friday, June 7, 2013

4 Manfaat kesehatan dari sinar matahari, selain vitamin D

Posted by at 5:10 AM Read our previous post
Manfaat kesehatan dari sinar matahari, selain vitamin D
Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Anda pun bisa mendapatkannya secara mudah dan murah dari sinar matahari.
Namun tahukah Anda, selain vitamin D, ada banyak manfaat kesehatan lain dari sinar matahari. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Medical Daily berikut ini.
Tidur nyenyakSeberapa banyak tubuh terkena sinar matahari ternyata memengaruhi ritme kardiak tubuh. Ritme tersebut termasuk fisik, mental, dan perilaku. Demi menjaga ritme kardiak agar tetap seimbang, jangan ragu menghabiskan waktu di luar rumah. Selain itu, jangan berdiam diri di tempat gelap di siang hari. Sebab kekurangan cahaya di siang hari bisa mengganggu jadwal tidur di malam hari.
Suasana hatiPaparan sinar matahari yang diterima tubuh secara rutin mampu meningkatkan kadar hormon serotonin. Peningkatan hormon tersebut membuat Anda terhindar dari depresi, cemas, sedih, dan masalah suasana hati buruk lainnya.
Tekanan darahKulit yang terkena paparan sinar UV matahari mengandung oksida nitrit yang mampu menurunkan tekanan darah rendah. Bahkan hal tersebut telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan para pakar dari Edinburgh University.
Kanker kulit jenis melanomaSemakin sering terkena sinar UVB, semakin rendah risiko serangan kanker kulit melanoma. Sementara orang-orang yang kebanyakan menghabiskan waktunya di dalam ruangan seringnya hanya mengalami paparan sinar UVA yang justru meningkatkan risiko kanker karena kadar vitamin D mereka juga relatif rendah.
Itulah berbagai manfaat kesehatan dari sinar matahari, selain sebagai sumber vitamin D. Namun ingat, sinar matahari terbaik hanya berlangsung sebelum pukul sepuluh pagi dan setelah jam empat sore.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template