Comments

Saturday, June 15, 2013

5 Emosi tak terduga yang muncul akibat perselingkuhan

Posted by at 6:03 AM Read our previous post


Jika beruntung, Anda tak akan pernah menjadi korban pengkhianatan atau mengetahui pasangan Anda berkhianat. Namun statistik menunjukkan bahwa 60 persen pria dan 40 persen wanita akan berselingkuh pada satu titik di kehidupan mereka.
Jika Anda pernah menjadi korban perselingkuhan, Anda pasti mengetahui emosi campur aduk yang muncul akibat hal tersebut. Beberapa emosi bisa ditebak, seperti rasa marah, panik, sedih, dan lainnya. Namun terdapat beberapa emosi yang tak terduga juga akibat perselingkuhan. Apa saja? Berikut penjabarannya, seperti dilansir oleh Your Tango (11/06).
1. Malu
Semua orang pasti merasa marah ketika tahu dikhianati. Namun kenapa rasa malu bisa muncul? Rasa malu muncul sebagai akibat perasaan terhina dan direndahkan, seolah-olah perselingkuhan terjadi karena kesalahan korban sendiri. Padahal seharusnya yang merasa malu adalah orang yang berselingkuh, bukan? Namun beberapa orang mulai mawas diri dan melihat apakah ada yang salah dengan diri mereka ketika pasangan mereka berselingkuh. Secara tak sadar, kemungkinan mereka akan mencari-cari kesalahan dalam diri mereka sendiri untuk menjelaskan mengapa pasangan berselingkuh. Hal inilah yang kemudian memunculkan rasa malu.
2. Kekosongan
Merasa sedih adalah respon alami ketika mengetahui pasangan berselingkuh. Namun tak sedikit orang yang merasakan kosong, tak memiliki emosi apapun. Seseorang mungkin terkaget-kaget ketika mengetahui bahwa saat melihat ke dalam diri mereka, mereka tak menemukan emosi apapun, kekosongan. Kekosongan adalah salah satu mekanisme psikologis yang digunakan manusia ketika mereka mengalami shock atau trauma. Dalam beberapa hal kekosongan ini melindungi otak dan pikiran.
3. Sikap posesif
Ketika tahu pasangan berselingkuh Anda tentu ingin mendepaknya jauh-jauh dari kehidupan Anda dan tak ingin melihat wajahnya lagi, bukan? Itu adalah respon yang wajar. Namun dalam beberapa kasus, perasaan posesif juga bisa muncul. Perasaan ini membuat Anda merasa ingin memiliki pasangan dan menjauhkannya dari pasangan selingkuhnya. Hal ini disebabkan oleh perasaan kepemilikan, bahwa pasangan Anda adalah milik Anda dan tak boleh dimiliki oleh orang lain.
4. Rasa kesal
Memang ada emosi yang sangat kuat seperti sedih atau kemarahan. Namun terkadang muncul juga emosi yang cukup luas seperti rasa kesal. Sebagai pasangan mungkin Anda hanya ingin mengatakan "Bagaimana dia bisa sebodoh itu!" Rasa kesal muncul sebagai bentuk kekecewaan pada pasangan Anda. Anda mengetahui bahwa segala hal yang dilakukan oleh pasangan akan sangat mempengaruhi Anda, dan ini membuat Anda kesal.
5. Lega
Anda mungkin merasa aneh. Bagaimana mungkin seseorang merasa lega setelah mengetahui pasangan berselingkuh? Kebanyakan orang sudah curiga mengenai adanya affair selama beberapa waktu sebelum mereka mengetahuinya. Selama itu, mereka menebak-nebak dan tak bisa tenang memikirkannya. Setelah perselingkuhan itu terbuka, perasaan lega bisa jadi muncul sebagai jawaban atas kecurigaan yang selama ini dirasakan. Setelah mengetahuinya, Anda dan pasangan bisa mulai melakukan sesuatu terhadap masalah tersebut.
Mengetahui perselingkuhan memang bukan hal yang menyenangkan bagi semua orang. Perselingkuhan bisa jadi sangat menyakitkan. Namun tentu mengetahuinya dengan jelas lebih baik daripada Anda dibohongi oleh pasangan seumur hidup. Yang terpenting adalah selalu membentengi diri agar tak terbawa emosi ketika mengetahui fakta yang menyakitkan itu.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template