Comments

Thursday, June 13, 2013

apa itu ketombe?

Posted by at 6:10 AM Read our previous post


Gara-gara ketombe, sebagian besar orang menghindari pakaian hitam. Selain tak ingin malu karena ketahuan berketombe, serpihan ketombe yang jatuh ke baju bisa terlihat dengan jelas. Sungguh menyebalkan, bukan?
Ketombe atau dalam istilah ilmiah disebut Pityriasis capitis, adalah kondisi yang ditandai dengan gatal dan pengelupasan kulit pada kulit kepala. Meskipun ketombe tidak menular, kondisi ini bisa sangat memalukan dan terkadang sulit untuk disembuhkan.

Untungnya, ketombe masih dapat dikendalikan. Pada kasus ringan, orang hanya perlu menemukan sampo anti-ketombe yang cocok untuk kulit kepalanya. Namun jika kondisi ketombe terbilang cukup parah, shampo saja tidak cukup. Seseorang perlu melakukan perawatan ekstra untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagi kebanyakan remaja dan orang dewasa, gejala ketombe mudah dikenali, seperti:

1. Serpihan atau sisik di kulit kepala yang juga ditemukan menempel pada rambut.

2. Rasa gatal di kulit kepala. Rasa gatal ini disebabkan oleh adanya jamur dan bakteri saat terjadi pengelupasan di kulit kepala. Jamur itu disebut Pityrosporum Ovale, jamur yang memainkan peranan penting atas munculnya ketombe dan rasa gatal di kulit kepala.

3. Terdapat bercak merah, bersisik, kulit kepala terasa berminyak (gejala pada orang dewasa)

4. Pengerasan kulit dan ruam pada kulit kepala (ketombe pada bayi)
Kulit kepala kering menyebabkan ketombe?
Beberapa orang berpikir bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu kering. Ini merupakan mitos yang tidak benar. Sebagaimana dilansir medicalnewstoday.com, ketombe tidak disebabkan oleh kulit kepala yang kering.

Selain itu, ketombe lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita, dan khususnya pada orang dengan kulit kepala berminyak. Beberapa studi juga menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan asin, manis, pedas, dan alkohol dapat memperburuk kondisi ketombe.


Jika kulit terkena suhu ekstrem, risiko terkena ketombe akan menjadi lebih besar. Pastikan bahwa kondisi rambut Anda tetap bersih, terutama sehabis melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat lebih. Hal ini penting untuk menghindari bakteri menumpuk di kulit kepala yang lembap.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template