Comments

Saturday, June 15, 2013

Berbagai pilihan pengobatan kanker payudara

Posted by at 6:39 AM Read our previous post


Kanker payudara adalah salah satu mimpi buruk wanita. Bagaimana tidak, penyakit ini termasuk kasus yang paling banyak memakan nyawa wanita.
Meskipun setiap tahun banyak wanita yang didiagnosis kanker payudara, namun mereka tidak putus asa dan berusaha mengobati penyakitnya. Berikut ini, Health Me Up pun membagikan berbagai pilihan pengobatan kanker payudara. Simak selengkapnya.

1. Fakta tentang kanker payudara

Sebelum menyimak tentang pengobatan, ada beberapa fakta penting mengenai kanker payudara.
  • Setiap tiga menit, ada seorang wanita yang didiagnosis kanker payudara.
  • Sementara setiap 12 menit, kanker payudara memakan nyawa seorang pasien wanita.
  • Sebanyak 70 persen kasus kanker payudara dialami oleh wanita yang faktor risikonya tidak dapat diidentifikasi.
  • Sebanyak 22 persen kanker yang diderita wanita adalah payudara.


2. Pengobatan kanker payudara

Meskipun sudah melakukan pencegahan, ternyata wanita tetap berisiko terserang kanker payudara. Namun kabar baiknya ada beberapa pengobatan yang bisa dicoba untuk meredakan penyakit tersebut.
Pengobatan kanker payudara di antaranya adalah operasi, kemoterapi, dan radiasi.

3. Mastektomi (operasi)

Mastektomi atau operasi pengangkatan payudara adalah cara pertama untuk mengobati kanker. Seluruh jaringan dan kelenjar diangkat agar kanker tak menyebar ke bagian yang lain.
Berbeda dengan kasus Angelina Jolie yang juga melakukan mastektomi, ia hanya menyingkirkan jaringan dan meninggalkan kelenjar sebagai bentuk dari pencegahan.

4. Implan payudara

Bagi wanita yang menjalani mastektomi, mereka tetap bisa memiliki payudara buatan dengan cara implan. Sebab kebanyakan wanita memang kurang percaya diri jika harus tampil di depan umum setelah menjalani operasi pengangkatan payudara.
Implan payudara ini pun tak akan meningkatkan risiko kanker maupun membuat penyakit tersebut kambuh kembali. Namun berkonsultasi dengan dokter adalah cara terbaik untuk memastikannya.

5. Kemoterapi

Cara kedua untuk mengobati kanker payudara adalah dengan kemoterapi atau pemberian obat-obatan, baik itu melalui suntik maupun konsumsi pil.
Beberapa efek samping dari kemoterapi adalah rambut rontok, muntah, gangguan kesehatan lainnya. Sebab beberapa obat sifatnya begitu keras, sehingga bukan cuma sel kanker, sel sehat pun ikut dihancurkan oleh obat tersebut.

6. Radiasi

Radiasi adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara menggunakan sinar radiasi yang ditargetkan pada sel kanker payudara. Dengan cara menargetkan langsung pada sel kanker, ahli medis pun berusaha semaksimal mungkin agar sel sehat tidak ikut dihancurkan.
Beberapa efek samping dari radiasi hampir sama seperti kemoterapi. Namun kini ada pula obat yang disebutkan mampu meminimalisir efek samping tersebut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template