Comments

Saturday, June 15, 2013

Kegunaan unik kulit telur yang jarang diketahui

Posted by at 6:31 AM Read our previous post


Jika Anda gemar mengonsumsi telur, jangan buru-buru membuang cangkang atau kulitnya. Sekilas kulit telur tidak mempunyai fungsi lain dan dianggap sebagai sampah. Padahal kulit telur mempunyai kegunaan yang luar biasa dalam kehidupan. Berikut manfaat lain dari kulit telur dilansir boldsky:

Pupuk:
Salah satu cara terbaik untuk menggunakan kulit telur adalah menjadikannya pupuk. Kulit telur kaya akan kalsium. Kulit ersebut dapat hancur dan menyebar di tanah sehingga menjadi pupuk yang mengandung kalsium. 

Wadah untuk menanam: 
Anda bisa menanam bibit kecil di bagian cangkang telur. Pastikan Anda membuat lubang drainase kecil untuk memungkinkan bibit tumbuh.

Mengatasi saluran air tersumbat:
Saluran air di dapur Anda sering tersumbat? Haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk, tuang dalam saluran tersebut dan biarkan semalaman. Anda bisa menambahkan sedikit cuka untuk hasil yang maksimal. 

Makanan hewan:
Kulit telur kaya akan kalsium, zat besi dan mineral, Anda dapat memberikannya pada hewan peliharaan Anda. Tambahkan kulit telur yang sudah dihancurkan dalam makanan hewan untuk menambah nutrisi. 

Pestisida organik: 
Hancurkan kulit telur dan taburi mereka di sekitar sayuran dan buah-buahan. Selain tidak merusak tanaman, kulit telur ampuh mengusir hama seperti siput, lalat atau ulat. 

Membersihkan alat dapur: 
Anda dapat mencampur kulit telur yang sudah dilumatkan dan tambahkan cuka untuk membersihkan peralatan di dapur. Hal itu bertindak sebagai scrub untuk membersihkan peralatan dapur.

Perawatan kulit: 
Haluskan cangkang telur dan campur dengan putih telur. Oleskan ramuan tersebut pada wajah dan biarkan kering. Bilas dengan air dingin untuk mendapatkan bercahaya dan kulit lentur. Kulit serta putih telur ampuh melawan penuaan dan membuat kulit bersinar. 

Mengurangi rasa pahit kopi:
Jika Anda ingin rasa kopi tidak terlalu pahit, ada alternatif selain gula. Jika Anda ingin membuat kopi manis Itu tidak banyak pahit, tambahkan kulit telur yang sudah dihaluskan dalam gelas. Masukan bubuk kopi kemudian baru diseduh. Hal Ini tidak akan merusak rasa kopi tapi akan membuat rasa pahitnya berkurang. 

Karya seni:
Banyak seniman yang memanfaatkan kulit telur sebagai bahan untuk membuat prakarya. Mereka menempelkan kulit telur dalam guci, bahkan menjadikannya lukisan. 

Jangan buang dulu kulit telur sebab ada banyak kegunaannya untuk kehidupan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template