Comments

Wednesday, June 5, 2013

Konsumsi vitamin ini saat butuh energi ekstra!

Posted by at 5:30 AM Read our previous post
Konsumsi vitamin ini saat butuh energi ekstra!


Suplemen tidak memberikan Anda energi secara langsung karena mereka tidak mengandung kalori. Maka dari itu, Anda membutukan asupan makanan bergizi untuk menambah energi tubuh. Lalu, vitamin apa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah energi? Berikut adalah beberapa vitamin yang larut dalam air - yang berarti mereka mudah larut dalam air dan tidak disimpan dalam tubuh - yang Anda butuhkan untuk menambah energi, seperti dilansir Livestrong.

Riboflavin

Riboflavin, juga dikenal sebagai vitamin B2, membantu proses pertumbuhan, metabolisme karbohidrat dan produksi sel darah merah. Kekurangan riboflavin dapat menyebabkan anemia, sakit tenggorokan dan selaput lendir tebal di tenggorokan. Sumber yang baik untuk riboflavin termasuk daging tanpa lemak, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, telur dan biji-bijian.

Niacin

Niasin, atau dikenal sebagai vitamin B3, adalah vitamin penting dalam metabolisme karbohidrat dan lemak dalam siklus asam sitrat, yang merupakan salah satu langkah dalam produksi energi. Anda bisa menemukan niacin dalam susu atau produk susu, daging tanpa lemak, telur dan biji-bijian. Kekurangan niasin dapat menyebabkan pellagra, yang merupakan penyakit yang memicu kulit bersisik, diare, radang selaput lendir dan delusi. Terlalu banyak asupan niacin juga dapat menyebabkan kerusakan hati, kulit kering dan gatal dan gangguan pencernaan yang parah.

Vitamin B6

Vitamin B6 berperan sebagai koenzim untuk banyak enzim lain dalam tubuh yang bertugas dalam metabolisme protein, karbohidrat dan lemak. Kekurangan vitamin B6 menyebabkan kerusakan saraf perifer dan anemia, sementara terlalu banyak vitamin B6 menyebabkan gangguan proprioception, yaitu kemampuan otak untuk mengetahui di mana bagian tubuh Anda sebenarnya. Anda bisa mendapatkan vitamin B6 dari berbagai jenis sayuran, kacang-kacangan, pisang dan daging.

Biotin

Biotin adalah salah satu jenis vitamin B yang penting dalam metabolisme karbohidrat dan lemak serta menghilangkan karbon dioksida dari tubuh selama latihan aerobik. Vitamin ini juga membantu mempertahankan kadar gula darah tetap stabil. Makanan sumber biotin antara lain; kuning telur, hati dan berbagai jenis sayuran. Kekurangan biotin menyebabkan rambut rontok, konjungtivitis atau pink eye, dan ruam pada wajah dan genital.

Inilah beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh dan mampu menambah energi. Perbanyak asupan makanan sehat untuk membuat tubuh jadi bugar.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template