Comments

Thursday, June 13, 2013

Sulit fokus? Coba makan ini!

Posted by at 6:28 AM Read our previous post



Kurang tidur memang membuat tubuh terasa lemas dan sulit fokus. Namun ternyata makanan juga bisa memengaruhi fokus seseorang.
Jika Anda juga selalu kesulitan untuk fokus pada pekerjaan atau hal lainnya, coba makan makanan seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.

1. Alpukat

Kaya lemak baik, itulah alpukat. Fungsi lemak baik itu pun mampu meningkatkan komunikasi antar sel-sel otak.
Lemak baik juga mengurangi penggumpalan darah di dinding arteri. Sehingga performa otak dan jantung lebih maksimal karena peredaran darah yang lancar.
Dengan kata lain, makan alpukat adalah cara paling sederhana dan lezat untuk merangsang aktivitas sel otak. Sehingga Anda akan fokus dalam bekerja jika rajin makan alpukat.

2. Yogurt

Kombinasi antara protein dan kalsium pada yogurt juga mampu membuat Anda lebih fokus.
Bukan cuma itu, penelitian pernah membuktikan kalau asam amino dalam yogurt berperan dalam produksi dopamin dan noradrenalin. Keduanya berkhasiat meningkatkan kewaspadaan dan mempertajam ingatan.


3. Pisang

Makan pisang mampu membantu siswa belajar dan mendapatkan nilai yang lebih baik ketika ujian, demikian menurut sebuah penelitian terbaru.
Penelitian tersebut tentu masuk akal. Sebab pisang mengandung kalium, mangan, vitamin C, dan serat yang merupakan peningkat kekuatan memori.
Selain itu, pisang kaya akan vitamin B6 yang merangsang produksi berbagai hormon yang berkaitan dengan masalah konsentrasi.

4. Teh

Teh memang bukan makanan. Namun kafein yang terkandung dalam teh mampu membuat Anda 'bangun' dan kembali fokus.
Jika kopi, soda, maupun cokelat juga mengandung kafein, teh tetap menjadi pilihan terbaik. Sebab menurut penelitian, teh berkhasiat membuat Anda berpikir lebih jernih.
Penelitian lainnya menyebutkan kalau asam amino unik yang hanya ditemukan dalam kopi memiliki manfaat untuk meningkatkan kewaspadaan dan memori.

5. Sayuran berdaun hijau

Makanan yang satu ini mungkin tidak akan membuat otak cemerlang. Akan tetapi sayuran berdaun hijau memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.
Contohnya bayam, kale, dan sayuran hijau lain yang kaya akan antioksidan, termasuk vitamin A, C, dan E.
Penelitian pada tahun 2006 lalu juga membuktikan kalau orang yang makan sayuran berdaun hijau setiap hari memiliki daya fokus yang lebih tinggi.


6. Telur

Telur adalah makanan yang tepat untuk dinikmati ketika Anda sulit fokus. Sebab di dalam telur ada sembilan asam amino penting yang bukan cuma dibutuhkan tubuh, tetapi juga otak.
Tidak perlu membuang telur kuning hanya karena takut kolesterolnya. Pasalnya kuning telur juga mengandung nutrisi bernama choline dan lutein yang berperan dalam peningkatkan memori dan kemampuan kognitif.
Seseorang dengan lutein tinggi memang terbukti mampu memproses informasi lebih cepat, demikian menurut penelitian terbaru.


7. Salmon

Otak membutuhkan asam lemak omega-3 untuk memperkuat ikatan antar sel. Sementara sumber asam lemak omega-3 terbaik bisa didapatkan dari ikan salmon.
Beberapa penelitian juga pernah mengaitkan antara konsumsi salmon dengan penurunan risiko demensia dan stroke. Selain itu, salmon berperan penting dalam kewaspadaan, memori, dan konsentrasi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template