Comments

Saturday, July 20, 2013

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Strategi Warna

Posted by at 7:15 AM Read our previous post


 Diet untuk menurunkan berat badan seperti membatasi porsi makan, menghindari makan makanan berlemak dan sebagainya akan tampak sulit untuk dijalani. Anda dapat menyiasati diet dengan menerapkan strategi pengaturan warna.

Beberapa warna dapat mempengaruhi nafsu makan dan membatasi keinginan untuk makan berlebihan secara alami. Berikut strategi diet penurunan berat badan yang berpedoman terhadap warna, seperti dilansir Reader's Digest antara lain:


1. Warna-warna kontras: membantu mengontrol porsi makan
Menurut para peneliti dari Cornell University, mengkombinasikan berbagai macam makanan yang beraneka warna dalam satu piring dapat mencegah seseorang makan berlebihan. Para ilmuwan menemukan bahwa orang cenderung mengambil lebih banyak makanan jika hanya terdiri satu warna saja.

Pilihlah beberapa makanan dengan beragam warna, misalnya mengkombinasikan antara nasi putih, ayam tanpa lemak, sayuran hijau, wortel, dan sebagainya. Peneliti menyatakan bahwa perbedaan warna membantu membuat otak lebih sadar terhadap ukuran porsi.

2. Warna natural: membantu mengontrol nafsu makan
Menurut para ahli, warna natural seperti warna biru membuat seseorang makan lebih sedikit. Memilih piring yang berwarna biru dapat membantu mengontrol nafsu makan yang menggebu-gebu karena makanan tampak kurang menarik jika disajikan pada piring yang berwarna biru.

Jika tidak, Anda dapat meletakkan lukisan berwarna biru di dinding ruang makan atau memasang taplak meja berwarna biru agar Anda tidak makan berlebihan karena nafsu makan yang tinggi.

3. Menyortir makanan berdasarkan warnanya: membantu Anda memilih makanan yang sehat
Letakkan makanan di kulkas dengan menyortirnya terlebih dahulu, misalnya mengelompokkan makanan sehat yang berwarna hijau seperti sayuran di bagian depan kulkas agar mudah di akses. Kemudian makanan yang kurang sehat, misalnya limun atau soda di bagian belakang agar sulit diraih.

Menurut tim peneliti dari Massachusetts General Hospital, hal ini membantu Anda memilih makanan sehat yang dapat mempromosikan berat badan yang ideal.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template