Comments

Monday, May 20, 2013

5 Rahasia mengejutkan dari atasan yang hebat

Posted by at 5:04 AM Read our previous post
5 Rahasia mengejutkan dari atasan yang hebat
Setiap atasan yang hebat pasti memiliki perbedaan dibandingkan dengan karyawan atau atasan yang biasa-biasa saja. Mereka memiliki rahasia yang tak dimiliki oleh atasan lain. Beberapa rahasia bahkan bisa jadi mengejutkan dan tak disangka-sangka.
Berikut adalah beberapa rahasia mengejutkan yang dimiliki oleh atasan hebat, seperti dilansir oleh Inc.com (14/05).
1. Mereka tidak mendahulukan pelanggan
Jika Anda sering mendengar jargon "Pelanggan selalu menjadi nomor 1" maka tidak begitu dengan para atasan hebat. Mereka menaruh pelanggan di urutan kedua setelah karyawan mereka sendiri. Para atasan yang hebat mengetahui bahwa karyawan mereka adalah perpanjangan tangan perusahaan terhadap pelanggan. Bagaimana bisa karyawan yang tidak bahagia dan tidak puas dengan pekerjaan mereka melayani dengan baik dan membuat pelanggan merasa senang? Jadi, atasan hebat terlebih dulu membuat karyawan mereka menyukai pekerjaan mereka, bersemangat, dan senang. Sehingga mereka bisa bekerja dengan baik untuk membuat pelanggan ikut senang dengan pelayanan mereka.
2. Mereka tidak peduli dengan masa lalu
Jika ada masalah di masa lalu, atasan yang hebat tak akan terlalu lama mempermasalahkannya. Mereka mengambil pelajaran dari kesalahan masa lalu dan terus berjalan ke depan. Sama seperti ketika mengendarai mobil atau motor, atasan hebat hanya sesekali melihat kaca spion dan lebih memfokuskan dirinya pada masa depan dan tujuan yang ingin dicapainya.
3. Mereka merayakan kegagalan
Sangat mudah untuk bersikap baik dan tetap bersemangat ketika semua hal berjalan lancar dan perusahaan sedang diuntungkan. Namun bagaimana dengan masa-masa sulit? Tak banyak orang yang bisa tetap bersemangat d saat seperti itu. Ironisnya, kebanyakan orang seringkali mendapatkan momen pencerahan ketika mereka mengalami keterpurukan. Syaratnya, tentu dengan tidak menyerah. Inilah yang dilakukan oleh atasan yang hebat. Mereka merayakan kegagalan. Tidak pesimis dan lantas terpuruk oleh keadaan yang buruk. Mereka selalu bisa menemukan sisi positif untuk membangun kembali semangat pada saat yang dibutuhkan.
4. Mereka memiliki lebih banyak pertanyaan daripada jawaban
Kebanyakan manajer atau atasan berpikir bahwa pekerjaan mereka membuat mereka harus menjadi orang yang mengetahui semua jawaban untuk karyawan. Padahal dengan menjawab semua pertanyaan dari karyawan, mereka telah menghalangi karyawan untuk berpikir dan tumbuh. Untuk itu, bos yang hebat tak akan terlalu banyak menjawab pertanyaan, namun memberikan pertanyaan yang memancing munculnya ide kreatif dari karyawan mereka.
5. Mereka mengukur diri melalui karyawan terburuk
Banyak atasan yang mengukur keberhasilan mereka dengan melihat kinerja karyawan terbaik mereka. Namun atasan yang baik tak akan melakukan ini. Atasan yang hebat mengetahui bahwa ukuran yang sebenarnya dari kemampuan manajerial mereka adalah melalui caranya mengatasi karyawan dengan kinerja terburuk.
Itulah beberapa rahasia yang dimiliki oleh para bos hebat. Beberapa memang terlihat berbeda dengan pemahaman umum yang dimiliki oleh atasan. Namun itulah yang membedakan antara atasan hebat dengan atasan yang biasa-biasa saja.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template