Comments

Monday, May 20, 2013

Cantik, Ini Mumi-Mumi Perempuan Tertua di Dunia!

Posted by at 5:50 AM Read our previous post
Semua orang sepertinya menyadari jika perempuan adalah sosok yang paling berharga di dunia ini. Bagaimana tidak, kecantikan perempuan menjadi hal yang seringkali dikagumi.
Tak hanya dalam kehidupan modern, pada jaman dulu para perempuan juga sudah begitu peduli dengan perawatan tubuh mereka. Sehingga ketika perempuan itu meninggal, banyak pihak yang ingin membuatnya abadi melalui cara mumifikasi.
Bedanya jika saat hidup mereka begitu cantik, saat menjadi mumi mereka justru tampak mengerikan. Meski sudah lebih dari 1.000 tahun, coba kamu kagumi bagian-bagian tubuh mereka. Apa masih tampak cantik?

1. Tulang Pipi Ratu Anhapu 

Tulang Pipi Ratu Anhapu


Ratu Anhapu telah dimumifikasi lebih dari 1.000 tahun saat ditemukan di pemakaman Kerajaan Mesir Kuno Deir al-Bahri pada 1881. Anhapu memiliki kalung bunga yang melingkari leher dan rambut yang dipilin sehingga tampak rapi. Meski sudah menjadi mumi, gigi putih Anhapu, bulu matanya yang lentik, matanya yang besar serta tulang pipi yang menonjol memperlihatkan kecantikannya.

2. Tangan Ratu Hatsheput 

Tangan Ratu Hatsheput


Baru pada tahun 2007, mumi perempuan yang berusia 3.500 tahun dari Lembah Raja, Mesir ini terungkap bahwa dia adalah sosok Ratu bernama Hatshepsut. Ditemukan juga bahwa Hatshepshut saat hidup mengidap diabetes dan arthritis dan meninggal karena kanker tulang. Yang terkenal dari dia adalah masih terlihat kuku di jemari tangan lengan kiri yang berwarna merah.

3. Bahu Putri Altai 

Bahu Putri Altai


Mumi yang satu ini dikenal dengan nama Putri Altai dan diperkirakan sudah ada sejak 2.500 tahun lalu di kawasan Siberia. Mumi ini ditemukan pada 1993 dan tampak unik. Di bagian bahunya ada tato dengan motif rusa. Aksesori di bagian kepala serta pemakamannya membuktikan bahwa Altai adalah seseorang dengan jabatan tinggi saat hidup

4. Kulit Lady Dai 

Kulit Lady Dai


Sebagai istri dari penguasa Dai di Dinasti Han, Xin Zhui hidup dengan kemewahan pada 2.000 tahun lalu di China. Zhui meninggal di usia 50 tahunan dan mayatnya dibungkus dengan 20 lapisan kain sutra dan dimasukkan ke dalam ramuan keabadian. Mayatnya lalu dimasukkan ke dalam peti perlapis empat dan ditutupi arang sebanyak 5 ton.Tak heran jika kulit mumi Zhui sangat terawat dengan darahnya masih cair, organ tubuh lengkap dan tubuh yang fleksibel.

5. Dada Lady Rai 

Dada Lady Rai


Saat arkeolog G.E. Smith membuka peti mati Lady Rai pada tahun 1909 dia melihat sebuah mumi perempuan dengan bagian dada yang buruk dan Smith menganggapnya sebagai mumi perempuan terjelek. Namun setelah diteliti, Smith menemukan bahwa kulit di bagian dada itu adalah ukuran istimewa semasa Rai hidup sekitar 3.600 tahun lalu.

6. Kaki Wanita Borremose 

Kaki Wanita Borremose


Pada tahun 1947, para pekerja melakukan penggalian di Denmark dan terkejut menemui mumi perempuan dalam posisi duduk dengan tangan memeluk salah satu kakinya. Mumi itu dijuluki Gadis Borremose. Disebutkan bahwa mumi itu merupakan korban ritual keagamaan dan sudah berusia 2.700 tahun. Ajaibnya, sidik jari mumi ini masih utuh.

7. Leher Nesitanebetashrua 

Leher Nesitanebetashrua


Mumi yang berusia 3.000 tahun ini berasal dari Mesir dan merupakan mumi paling terawat selama abad ke-21. Tubuhnya diwarnai dengan warna kuning seperti kulit perempuan Mesir pada jamannya. Disebutkan proses mumi Nesitanebetashrua adalah yang paling rapi. Organ dalam Nesitanebetashrua  dikeluarkan dan sobekan kulit dijahit. Lebih istimewa lagi bagian leher Nesitanebetashrua dilindungi oleh lapisan linen.

8. Si Cantik Dari Xiaohe 

Si Cantik Dari Xiaohe


Mumi perempuan ini ditemukan dari proses penggalian yang dilakukan di kawasan Xinjiang Uygur, China. Dikabarkan usianya lebih dari 3.800 tahun dan termasuk salah satu mumi misterius. Meskipun identitasnya tak diketahui, namun hidungnya yang mancung dan wajahnya yang cantik membuat banyak orang terpesona

9. Rambut Ratu Tiye 

Rambut Ratu Tiye


Mumi satu ini dikenal dengan sebutan Elder Lady karena berhasil bertahan selama tiga milenium dengan rambut tebalnya yang terurai hingga ke bahu. Helai rambutnya cocok dengan apa yang ditemukan di makam Raja Tutankhamun sehingga perempuan ini dianggap sebagai nenek sang raja dengan nama Ratu Tiye.

10. Senyuman Thuya 

Senyuman Thuya


Salah satu pasangan mumi tertua adalah Yuya dan Thuya yang ditemukan di Mesir. Diperkirakan mumi itu hidup pada 3.800 tahun lalu. Bahkan mumi Thuya masih menyisakan senyuman cantik di wajahnya. Meski ditemukan di Lembah Raja-Mesir, makam mereka yang paling spektakuler sehingga dipercaya mereka adalah cucu Raja Tutankhamun.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template