Comments

Wednesday, May 22, 2013

Hati-hati, inilah efek buruk dari kelebihan gula!

Posted by at 5:48 AM Read our previous post
Hati-hati, inilah efek buruk dari kelebihan gula!
Kebanyakan orang mengonsumsi terlalu banyak gula atau lebih dari jumlah harian yang direkomendasikan, yakni 100 kalori gula untuk wanita dan 150 kalori untuk pria per hari. Mengurangi konsumsi gula dapat mencegah beberapa masalah kesehatan yang serius. Nah, berikut adalah beberapa efek buruk dari terlalu banyak mengonsumsi gula, seperti dilansir Livestrong.

Masalah gigi

Bakteri dalam mulut dapat memecah makanan manis dan karbohidrat menjadi asam yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan gigi. Bakteri dapat memakan apapun yang terselip di celah-celah gigi, sehingga makanan lengket seperti kismis, permen lunak atau roti dapat menyebabkan kerusakan gigi setelah makan. Kurangi konsumsi gula harian Anda untuk mencegah kerusakan gigi.

Masalah berat badan

Orang yang minum soda dan jus buah, sumber utama gula, lebih cenderung untuk mengonsumsi lebih banyak kalori dibanding mereka yang tidak. Mereka juga cenderung makan lebih sedikit makanan bergizi sehingga meningkatkan risiko obesitas. Kurangi konsumsi soda berkarbonasi dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 132 kalori per kaleng.

Masalah jantung

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, trigliserida dan kolesterol jahat, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Diabetes juga menjadi masalah kesehatan bagi orang yang suka mengonsumsi terlalu banyak gula. Untuk memiliki jantung sehat, ganti makanan manis Anda dengan sumber karbohidrat sehat seperti buah-buahan, sayuran dan gandum, ditambah dengan makanan rendah lemak dan banyak olahraga.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Jadi mulai sekarang, batasi konsumsi asupan gula harian Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template