Comments

Wednesday, May 8, 2013

Kepribadian bisa berubah karena berat badan bertambah?

Posted by at 5:35 AM Read our previous post
Kepribadian bisa berubah karena berat badan bertambah?


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) menemukan adanya kaitan antara penambahan berat badan dengan perubahan kepribadian pada diri seseorang.
"Kami menemukan adanya kontribusi atas bertambahnya berat badan dengan kepribadian seseorang. Namun kami belum mengetahui apakah perubahan berat badan bisa berdampak permanen terhadap kepribadian seseorang. Berat badan bisa menjadi masalah emosional yang kemudian menyebabkan perubahan permanen terhadap fungsi psikologi seseorang," ungkap ketua peneliti Angelina Sutin dari Florida State University College of Medicine.
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal psychological Science ini mengamati lebih dari 1.900 orang dari NIH Baltimore Longitudinal Study of Aging dan Baltimore Epidemiologic Catchment Area. Penelitian ini mengungkap adanya kaitan antara pertambahan minimal 10 persen berat badan dengan peningkatan sikap impulsif pada seseorang. Peningkatan berat badan berkaitan dengan semakin banyaknya waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mengambil keputusan.
"Pikiran dan tubuh saling berhubungan. Ketika salah satunya berubah, yang lain berkemungkinan untuk berubah. Inilah hal yang kami temukan dalam penelitian ini," ungkap Sutin, seperti dilansir oleh Red Orbit (06/05).
Peneliti beranggapan bahwa perubahan dalam hal kepribadian dan konsep diri ini tak hanya disebabkan oleh penambahan berat badan, tetapi juga dipengaruhi oleh tanggapan orang di sekitar mereka yang negatif. Penambahan berat badan bisa meningkatkan kecemasan seseorang berkaitan dengan kegiatan makan di situasi sosial.
Meski mengakali perubahan dalam hak pengambilan keputusan, seseorang yang berat badannya bertambah masih merasakan dilema ketika mereka tak bisa menolak untuk makan banyak di situasi umum. Masalah psikologis ini pada akhirnya justru menyebabkan seseorang semakin mudah menambah berat badan.
Untuk itu, jika benar-benar ingin berdiet, ada baiknya jika seseorang tak hanya memperhatikan aspek fisik, tetapi juga aspek psikis. Ahli menjelaskan bahwa kebanyakan orang yang telah menjalani operasi sedot lemak atau pengecilan lambung kembali gemuk karena masalah mental mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template