Comments

Wednesday, May 8, 2013

Kesehatan emosional ditunjukkan oleh 3 hal ini!

Posted by at 4:53 AM Read our previous post
Kesehatan emosional ditunjukkan oleh 3 hal ini!


Seperti halnya masalah kesehatan mental yang menunjukkan gejala tertentu, mental yang sehat juga memiliki beberapa pertanda. Mental yang sehat bukan berarti seseorang tidak memiliki masalah. Namun orang yang memiliki mental sehat merespon masalah secara berbeda dengan orang yang memiliki masalah mental.
Berikut adalah tiga tanda bahwa seseorang memiliki kesehatan emosional yang baik, seperti dilansir oleh Third Age (06/05).
1. Kesabaran
Hal pertama yang menunjukkan kesehatan emosional adalah rasa sabar. Kemampuan seseorang untuk menunggu sesuatu atau menghadapi hal yang tidak disukainya tanpa menjadi marah atau mengamuk. Ketika dihadapkan dengan kesulitan, orang yang memiliki kesabaran akan merespon dengan tenang dan tak mudah protes. Meski begitu, sabar juga ada batasnya. Ketika seseorang merasa sudah sampai di batas kesabaran, dia akan berusaha melakukan sesuatu, namun tentu dengan cara yang telah dipertimbangkan.
Perbedaan antara sabar dengan bersikap pasif sangat berbeda. Orang yang memiliki kesabaran tahu kapan harus bergerak dan kapan harus menunggu. Pada kasus-kasus tertentu, bertindak lebih baik daripada hanya menunggu dengan sabar.
2. Terus terang
Tanda kedua dari kesehatan emosional adalah sikap terus terang. Terus terang adalah hasil dari kepercayaan mereka terhadap kebenaran, sementara orang yang sering tidak terus terang biasanya takut untuk menunjukkan kebenaran. Kebanyakan orang takut berterus terang karena mereka takut mengalami penolakan atau pandangan tak setuju dari orang lain.
Namun orang dengan kesehatan emosional yang baik berani mengatakan apa yang sebenarnya terjadi dengan terus terang dan pandangan objektif. Kemungkinan besar hal ini memang akan mengundang banyak tanggapan dari banyak orang, namun jika Anda bisa menunjukkan bahwa pandangan tersebut bersifat objektif tanpa tendensi apapun, maka orang lain pasti bisa mengerti.
3. Fleksibel
Hal ketiga yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kesehatan emosional baik adalah kemampuan untuk berubah atau beradaptasi setiap kali ada perubahan dalam hidup. Fleksibel dalam hal ini bukan berarti Anda harus menjadi bunglon dan tak punya identitas.
Fleksibel adalah ketika seseorang bisa menghadapi tantangan yang ada di hadapannya tanpa merasa takut. Mereka tak bersikap terlalu kaku menghadapi perubahan yang baik bagi masalah depan mereka. Orang yang memiliki kesehatan emosional akan tetap termotivasi untuk menggapai impian mereka meski jalan yang dihadapi sangat terjal. Orang yang tak memiliki fleksibilitas akan terganggu secara mental ketika menghadapi banyak perubahan dalam hidupnya. Ini yang kemudian menyebabkan depresi, stres, dan lainnya.
Jika Anda memiliki tiga tanda di atas, itu berarti Anda memiliki kesehatan mental dan emosional yang baik. Memiliki kesehatan emosional membuat orang berani dan bebas menyongsong kehidupan. Mereka tidak terbebani dengan masalah di masa lalu dan selalu siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template