Comments

Saturday, May 4, 2013

Kunci hidup abadi sudah ditemukan?

Posted by at 5:22 AM Read our previous post
Kunci hidup abadi sudah ditemukan?


Banyak orang berusaha agar bisa tampil awet muda seiring bertambahnya usia. Sebuah penelitian terbaru pun menyebutkan bahwa para ahli selangkah lebih maju dalam menemukan kunci hidup abadi.
Menurut peneliti dari Albert Einstein College of Medicine, mereka percaya kalau hypothalamus merupakan pemegang kendali kehidupan abadi. Hypothalamus sendiri selama ini disebut sebagai area otak yang mengontrol lapar, haus, suhu tubuh, dan kelelahan.
Peneliti menyampaikan kalau mereka menemukan sinyal yang berkaitan dengan penuaan yang bisa dijadikan strategi untuk melawan penuaan dan memperpanjang usia.
"Kami menemukan bahwa penuaan ternyata juga dikontrol oleh hypothalamus. Jika kita bisa mengaturnya sedemikian rupa, bukan tidak mungkin manusia bisa hidup abadi," papar Profesor Dongsheng Cai, seperti yang dikutip dari Daily Mail.
Hypothalamus terletak di otak bagian dalam. Selama ini, hypothalamus juga terlibat dalam proses pertumbuhan, perkembangan, reproduksi, dan metabolisme.
"Semakin tua, beberapa jaringan mengalami inflamasi yang dikontrol oleh hypothalamus. Inflamasi itu juga sering memicu penyakit di usia tua," terang Profesor Cai.
Untuk membuktikan teorinya, peneliti pun menggunakan tikus percobaan laboratorium dan mengontrol hypothalamus. Saat peneliti berhasil memblokir jalan hypothalamus tersebut, otak tikus terbukti mengalami perlambatan dalam penuaan dan memperpanjang usia sampai 20 persen.
"Jika kita bisa mencegah hypothalamus memicu inflamasi, ada dua keuntungan yang akan kita dapatkan. Pertama, memperpanjang usia dan kedua mengobati penyakit yang berhubungan dengan penuaan," tandas Profesor Cai.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template