Comments

Monday, May 6, 2013

Mungkinkah kita hidup di Venus?

Posted by at 4:51 AM Read our previous post
Mungkinkah kita hidup di Venus?


Selama berpuluh-puluh tahun, para peneliti mencoba mencari tahu planet apa lagi yang bisa dihuni selain Bumi. Kali ini, mereka mencoba mencari kemungkinan itu di Venus.
Seperti yang dilansir oleh The Verge (2/5), telah diketahui bahwa salah satu aspek utama pendukung kehidupan adalah ketersediaan air. Oleh karenanya, planet yang bisa dihuni harus ditemukan dulu sumber airnya.
Hal ini diungkapkan dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Sara Seager. Dirinya menyatakan bahwa air memang kebutuhan utama dalam membentuk kehidupan.
"Logikanya, air dibutuhkan untuk seluruh kehidupan dan kita telah mengetahuinya. Jika sebuah exoplanet memiliki lapisan air, maka planet itu bisa ditinggali. Planet bisa berbeda dengan Bumi dalam hal menjaga ketersediaan air, namun suhu airnya haruslah sama dengan Bumi," kata Sara Seager, professor dari planetary sciences and physics, MIT.
Dengan menggunakan hipotesis baru Seager ini, maka bisa ditemukan 2.700 kandidat planet baru lagi untuk ditinggali. Hal ini pun menambah daftar 60-70 planet yang sebelumnya sudah diketahui bisa dihuni makhluk hidup.
Meski begitu, patut diketahui pula jarak antara planet terebut dengan orbitnya. Jika terlalu jauh atau dekat dengan matahari, maka kemampuan menyimpan airnya pun akan berbeda.
Seperti Venus contohnya, diketahui bahwa planet ini sudah sejak lama kering karena jaraknya yang terlalu dekat dengan matahari. Namun, dengan menggunakan hipotesis Seager, bukannya tak mungkin kita hidup di sana.
"Air di bumi merupakan efek rumah kaca yang parah. Oleh karenanya, planet dengan uap air yang sedikit tak akan menjadi panas jika terlalu dekat dengan bintang," kata Seager.
Sayangnya, beberapa peneliti masih menyangsikan hipotesis tersebut. "Bagaimanapun, saya meragukan sebuah planet yang kering mampu menjaga kehidupan karena tak adanya air," kata David Catling, professor dari planetary sciences and astrobiology, University of Washington.
Hingga kini, menemukan 'rumah' kedua bagi makhluk hidup ini pun masih belum menemukan titik terang. Berbagai perdebatan dan teori baru terus bermunculan sehingga belum ditemukan sebuah hipotesis yang benar-benar final.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template