Comments

Monday, May 6, 2013

Teleskop Hubble abadikan obyek mirip UFO di luar angkasa

Posted by at 4:57 AM Read our previous post
Teleskop Hubble abadikan obyek mirip UFO di luar angkasa
Teleskop milik NASA Hubble berhasil abadikan satu obyek di angkasa luar yang mirip dengan pesawat imajinasi milik alien.

Seperti dikutip oleh Gizmodo (05/03) dari situs resmi NASA, ketika Hubble mengekplorasi galaksi yang bernama Abell 68, ada sesuatu keganjilan yang muncul.

Keganjilan tersebut adalah terabadikannya sebuah obyek yang mirip dengan pesawat luar angkasa seperti dalam game klasik era 70an yaitu Space Invaders.
Game klasik tahun 70an, Space Invaders Medan gravitasi seputar Abell 68 Obyek yang tertangkap lensa teleskop Hubble
(Keterangan: gambar sebelah kanan adalah game klasik Space Invaders, gambar tengah adalah medan gravitasi Abell 68, gambar sebelah kiri adalah obyek yang berada di dalam pusaran medan gravitasi Abel 68. Gambar Abell 68 adalah hak cipta Nasa.gov)

Sekilas memang obyek tersebut mirip dengan pesawat luar angkasa, namun apabila diamati lebih lanjut malah terlihat seperti sebuah raut wajah yang sedang marah dengan dua mata menyala.

Setelah diamati dan diteliti lebih lanjut, ternyata obyek yang tertangkap oleh Hubble itu bukanlah pesawat luar angkasa melainkan hanya pantulan dari medan gravitasi di sekeliling Abell 68.

Galaksi yang bernama Abell 68 ini dikelilingi oleh medan gravitasi yang juga mempunyai kemampuan untuk merefleksikan obyek lain seperti kaca.

Tidak hanya memantulkan obyek dekat saja, medan gravitasi tersebut juga dapat merefleksikan obyek-obyek yang jaraknya jutaan tahun cahaya.

Gambar ini ditemukan pertama kali oleh Nick Rose, seorang peserta kompetisi Hubble's Hidden Treasure. Gambar tersebut diambil dengan menggunakan Wide Field Camera 3 milik Hubble yang dikombinasikan dengan sarana pengobservasi inframerah dari Advanced Camera for Survey yang juga milik Hubble.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template