Comments

Thursday, May 2, 2013

Tips agar tidak buang-buang makanan

Posted by at 4:52 AM Read our previous post
Tips agar tidak buang-buang makanan


Buang-buang makanan adalah kebiasaan buruk yang merugikan diri sendiri sekaligus lingkungan. Lantas bagaimana caranya untuk meminimalisir kebiasaan buruk tersebut? Simak tipsnya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.
Makan sedikitAmbil porsi makan sedikit saja jika Anda tidak ingin buang-buang makanan. Lebih baik merasa kurang dan mengambil lagi daripada memenuhi piring dengan makanan yang terlalu banyak tetapi tidak dihabiskan.
Memasak seperlunyaJika Anda memasak makanan sendiri di rumah, batasi seperlunya. Hitung anggota keluarga yang akan menikmati makanan kemudian pastikan Anda tidak memasak terlalu banyak demi menghindari buang-buang makanan.
Simpan di kulkasBeberapa makanan sisa sebenarnya masih bisa dimakan keesokan harinya. Jadi cobalah menyimpan makanan tersebut ke dalam kulkas dan menghangatkannya lagi besok untuk dimakan lagi.
Aturan makanan di kulkasPatuhi peraturan makanan yang pertama kali masuk ke dalam kulkas, makanan itu juga yang harus lebih dahulu dikeluarkan. Cara ini akan menghindarkan Anda dari kelupaan mengambil makanan yang disimpan terlalu lama yang akhirnya dibuang percuma.
Memberi labelTerkadang meskipun Anda sudah menyimpan makanan dalam lemari es, anggota keluarga yang lain tidak sengaja membuangnya. Jadi jangan lupa memberi label bahwa makanan yang Anda simpan sebenarnya masih bisa dikonsumsi.
Mengolah kembaliMakanan sisa kemarin yang tidak bisa dihangatkan bisa diolah kembali. Misalnya saja nasi. Beberapa sajian yang terbuat dari nasi sisa misalnya adalah bubur, sup, atau nasi goreng.
Memberikan pada orang lainSaat Anda ingin membuang makanan, coba ingat orang-orang di sekitar yang justru sangat membutuhkannya. Jadi daripada membuang-buang makanan, berikan saja pada orang lain yang lebih membutuhkan.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kebiasaan buruk buang-buang makanan. Mulai sekarang jangan buang-buang makanan lagi ya!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template