Comments

Friday, June 7, 2013

9 Kebiasaan aneh para penulis terkenal

Posted by at 5:19 AM Read our previous post
9 Kebiasaan aneh para penulis terkenal

Di balik karya besar para penulis terkenal, rupanya mereka punya beberapa kebiasaan aneh yang mencengangkan. Seperti apa misalnya? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Huffington Post berikut ini.
Friedrich Schiller (1759-1805)Penyair dan penulis naskah drama asal Jerman ini menghabiskan waktunya untuk bekerja di malam hari atau menutup ruangan dengan tirai merah agar sinar matahari tak mampu menerangi ruang kerjanya.
Jika bosan, Schiller akan mencelupkan kakinya ke dalam air dingin agar ia tetap terjaga dan menulis. Kebiasaan anehnya adalah ia terus mengisi lacinya dengan apel busuk. Menurut istrinya, Schiller memang tak bisa bekerja tanpa aroma busuk.
Alexandre Dumas (1802-1870)Penulis yang produktif asal Prancis ini sudah menelurkan 300 karya di sepanjang hidupnya. Dumas bahkan pernah bertaruh mampu menyelesaikan novel dalam waktu tiga hari dan ia membuktikan ucapannya.
Dumas kerap menulis puisi di atas kertas kuning, sementara artikel di kertas pink, dan novel pada warna biru. Ketika berlibur ke Eropa Timur, Dumas kehabisan warna biru saat menulis novel, ia pun menggunakan krim demi mengubah warna kertasnya agar bisa menulis lagi.
Victor Hugo (1802-1885)Salah satu karya penulis asal Prancis yang cukup populer adalah Les Miserables. Hampir sama seperti Dumas, Hugo juga lumayan produktif dan bisa bekerja dengan cepat. Sebab jika terlambat menyelesaikan naskah, ia bisa didenda.
Untuk memastikan produktivitasnya, Hugo pun mengurung dirinya sendiri di rumah. Seluruh pakaiannya disimpan rapat dalam lemari sehingga ia berpikir tak akan bisa keluar rumah jika tak ada pakaian yang pantas untuk dikenakan.
Edgar Allan Poe (1809-1849)Penulis asal Amerika ini memiliki kucing peliharaan kesayangan bernama Catterina. Saat Poe menulis, Catterina pun selalu setia 'bertengger' di pundak Poe. Poe menganggap kucingnya selalu mengawasi setiap pekerjaan yang ia lakukan.
Colette (1873-1954)Novelis 'gila' dari Prancis ini merupakan penggila binatang. Bahkan Colette punya ritual khusus sebelum menulis, yaitu ia baru akan mulai bekerja setelah menemukan kutu di anjing peliharaannya. Suaminya cukup kesal dengan perilaku tersebut.
Gertrude Stein (1874-1946)Penulis dari Amerika ini baru bisa menemukan inspirasi saat mengemudikan mobil Model T Ford miliknya. Sambil berkendara, Stein mengoceh sementara pasangannya, Alice B Toklas, menulis puisi dan prosa yang dituturkan Stein.
Virginia Woolf (1882-1941)Sebagai penulis muda, penulis asal Inggris ini suka berdiri saat bekerja. Tinggi mejanya mencapai tiga setengah meter. Menurut keponakan Woolf, kebiasaan aneh tersebut dilakukan karena penulis ini karena dorongan persaingan antar saudara.
James Joyce (1882-1941)Di usia 20-an, penulis Irlandia ini selalu pakai jas putih saat bekerja. Bukan cuma itu, ia juga menulis di atas tempat tidur dengan tetap memakai jas. Katanya, jas tersebut semacam cahaya putih yang membantunya melihat halaman demi halaman. Selama berkarya, Joyce juga berjuang melawan penyakit mata yang menyerangnya.
Agatha Christie (1890-1976)Penulis wanita asal Inggris ini punya permintaan khusus untuk kamar mandinya. Sebab Christie menganggap bak mandi adalah ruang kerja utamanya. Di sana, Christie suka berendam di dalam air hangat sambil melahap apel dan menyusun plot yang rumit.
Itulah berbagai kebiasaan aneh para penulis lama yang terkenal. Bagaimana menurut Anda?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template