Comments

Thursday, June 20, 2013

Kanker hati: Penyebab, gejala, dan pencegahan

Posted by at 5:17 AM Read our previous post



Kanker hati bisa menyerang siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meskipun kanker hati sering dikaitkan dengan para pecandu alkohol, namun ada banyak hal lain bisa meningkatkan risiko penyakit tersebut. Simak penjelasan selengkapnya tentang kanker hati seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Tentang kanker hati

Adanya tumor yang disebabkan oleh pertumbuhan sel hati yang tidak normal adalah pemicu dari kanker. Jenis kanker hati yang paling umum bernama hepatocellular carcinoma. Sementara kanker hati yang langka disebut dengan hepatoblastoma dan lebih sering ditemukan pada anak-anak.

Penyebab

Beberapa penyebab dari kanker hati adalah sirosis atau pengerasan hati, hepatitis B atau C yang sangat kronis, paparan senyawa beracun aflatoksin, penyakit glikogen pada anak, dan diabetes.

Gejala

Sering kali kanker hati dianggap sepele. Sebab rasa nyeri kerap dianggap sebagai sakit biasa. Namun jika ada nyeri di bagian dada dan perut, mual, anemia, nyeri punggung, gatal, penurunan berat badan, penyakit kuning, dan demam tanpa sebab, bisa jadi itu adalah tanda bahwa seseorang positif terkena kanker hati.

Pencegahan

Hepatitis B dan C biasanya paling sering jadi penyebab kanker hati. Oleh sebab itu, kanker hati bisa dicegah dengan cara memberi vaksin pelawan hepatitis pada anak. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan, konsumsi alkohol juga perlu dibatasi demi menurunkan risiko terkena kanker hati.
Itulah berbagai informasi mengenai kanker hati: penyebab, gejala, dan pencegahan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template