Comments

Sunday, July 14, 2013

Dari gereja jadi masjid, dari masjid jadi gereja

Posted by at 7:31 AM Read our previous post
Banyak bangunan bersejarah yang kini berubah fungsinya. Ada yang dulunya masjid, kini berubah menjadi gereja. Demikian juga sebaliknya, banyak gereja yang berubah menjadi masjid.

Misalnya, saat Islam menguasai Spanyol ribuan tahun yang lalu, Sebuah masjid fenomenal dibangun di sana, masjid Cordoba. Namun saat ini masjid bersejarah tersebut berubah fungsinya menjadi katedral.

Pada 15 Desember 1994, Masjid Besar Kordoba, Spanyol ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu tempat peninggalan bersejarah di dunia. Gedung masjid ini juga pernah diubah fungsi menjadi gereja, sekarang keseluruhan bangunan ini diubah fungsi menjadi gedung katedral diosese Cordoba di Spanyol.

Pada zaman khalifah Umayyah, sebuah kota di Spanyol, Sevilla pernah dijadikan pusat dari raja-raja kekhalifahan Umayyah dan merupakan salah satu kota terindah di jantung Spanyol. Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, kota ini memiliki arsitektur yang masih kental dengan nafas Islam. Anda bisa mengunjungi Katedral Giralda, yang dulu pernah dikenal sebagai Masjid Agung.

Mana saja bangunan-bangunan megah di dunia yang dulunya adalah masjid lalu berubah menjadi gereja, dan juga sebaliknya? Berikut penelusuran merdeka.com, Kamis (11/7):

1. Masjid Cordoba Spanyol


Mezquita atau Masjid Cordoba adalah sebuah katedral yang pernah dipakai sebagai masjid pada masa kekuasaan dinasti Umayyah di Spanyol. Saat itu, hampir setengah juta orang tinggal di Cordoba. Itu tidak hanya menjadikannya sebagai kota terbesar kedua di dunia, tetapi juga menjadi salah satu yang paling maju di dunia.

Kota ini berfungsi sebagai jantung budaya, keuangan, ekonomi dan politik dari kerajaan muslim. Bahkan, pembangunan Masjid Agung Cordoba menjadikannya sebagai perpustakaan terbesar di dunia.

Pada 15 Desember 1994, Masjid Besar Kordoba, Spanyol ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu tempat peninggalan bersejarah di dunia. Gedung masjid ini juga pernah diubah fungsi menjadi gereja, sekarang keseluruhan bangunan ini diubah fungsi menjadi gedung katedral diosese Cordoba di Spanyol.

2. Katedral La Giralda


Katedral Giralda Spanyol dibangun pada tahun 1184 pada masa pendudukan Romawi. Sempat dijadikan masjid pada saat pendudukan bangsa Arab, dan akhirnya pada tahun 1558, arsitek terkenal Hernan Ruiz melengkapinya dengan 25 menara bel dan patung yang dinamakan Giraldillo sehingga akhirnya gereja ini dinamakan Giralda.

Gereja La Giralda merupakan gereja terbesar dan terindah ke-3 di dunia setelah St Peter di Roma dan St Paul di London. Namun, Giralda ini adalah gereja Katolik pertama di dunia karena St Peter merupakan basilika dan St Paul adalah gereja anglikan.

Giralda dibangun dengan gaya arsitektur Arab dan Eropa, mulai gaya Baroque, Renaissance, Gothic, dan Classic mengingat masa pembangunannya yang lebih dari empat abad tersebut. Terdapat dua altar dari kayu berlapis emas dan lainnya berlapis perak hasil dari perjalanan Columbus di benua Amerika.

3. Museum Hagia Sophia jadi masjid


Di tengah masih berlangsungnya demonstrasi besar-besaran, pemerintah Turki berencana mengubah museum Hagia Sophia menjadi masjid. Sebuah komisi di parlemen Turki Februari lalu tengah menggodok pengajuan permintaan warga untuk mengubah Hagia Sophia di Kota Istanbul itu menjadi sebuah masjid.

Hagia Sophia dalam bahasa Yunani berarti Kebijaksanaan Suci. Dulunya selama ribuan tahun museum itu adalah katedral agung bagi umat Kristen.

"Keinginan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid bukan hanya soal umat muslim mencari tempat salat, tapi ingin mengenang kejayaan Islam. Di Istanbul sendiri sudah ada tiga ribu masjid," kata Raymond Ibrahim dari Shillman Fellow belum lama ini.

Gereja itu dibangun pada abad ke-6 di masa Kekaisaran Bizantium dan menjadi Gereja Ortodok Konstantinopel hingga Kekaisaran Ottoman pada 1453. Gereja itu kemudian diubah fungsinya menjadi masjid. Ketika kekaisaran Ottoman jatuh pada Perang Dunia Pertama, pemimpin sekuler Turki Kemal Ataturk mengubah masjid itu menjadi museum.

Namun kini di masa pemerintahan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan Turki berencana mengubah museum itu menjadi masjid.

Menanggapi rencana itu pemimpin gereja Ortodok Bartholomew I dari Konstantinopel menyatakan ketidaksetujuannya. "Kami ingin Santa Sofia tetap menjadi museum," kata dia.

4. Gereja gothik di Inggris berubah jadi masjid


Di Distrik Didsbury, Manchester Inggris, berdiri sebuah bangunan gereja berarsitektur gothik modern. Anehnya gereja ini tidak memiliki salib di puncak menaranya. Memang seharusnya demikian, karena sekarang bangunan gereja ini adalah sebuah masjid.

Salah satu penyebab dari gereja ini menjadi masjid lantaran jumlah jemaat gereja semakin sedikit. Sedangkan jumlah komunitas muslim semakin bertambah.

Warga muslim kota Manchester membeli bangunan gereja ini dan mengubahnya menjadi sebuah masjid. Patung dan ornamen gereja lainnya dipindahkan. Karpet berwarna hijau dipasang di aula utama, mihrab dan mimbar dipasang di bagian sayap bangunan sesuai dengan arah kiblat, dan ruangan untuk wudlu dan kantor dibangun di beberapa bekas ruangan keuskupan.

Beberapa ruangan lainnya juga dijadikan madrasah di kompleks bangunan bekas gereja yang sekarang bernama Didsbury Mosque ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template