Comments

Sunday, July 14, 2013

Kurang darah? Konsumsi 9 makanan ini

Posted by at 7:08 AM Read our previous post

Anemia, rambut rontok, kelelahan dan sakit kepala adalah beberapa gejala dari masalah kesehatan yang berhubungan dengan kekurangan zat besi dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Berikut adalah makanan kaya zat besi yang ampuh menambah darah, seperti dilansir Times of India.

1. Hati

Hati adalah sumber makanan yang kaya zat besi. Hati ayam (100 gram) mengandung 9 mg zat besi. Tetapi, hati sapi mengandung jauh lebih sedikit kalori dibandingkan dengan jenis hati lainnya dan sumber zat besi serta rendah kolesterol.

2. Makanan laut

Ikan tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3, tetapi juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh. 

3. Daging sapi

Daging merah merupakan makanan yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan hemoglobin, tetapi pilihlah daging merah yang tak memiliki lemak. 

4. Beras merah

Beras merah memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk penurunan berat badan, kolesterol, dan gangguan pencernaan. Beras merah juga mengandung zat besi yang dapat meningkatkan hemoglobin.

5. Stroberi 

Stroberi dapat meningkatkan hemoglobin melalui dua cara, yakni mengandung banyak zat besi dan membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Stroberi juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam darah.

6. Kentang

Seperti halnya stroberi, kentang mengandung zat besi dan juga vitamin C yang membantu untuk meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kentang adalah salah satu sumber terbaik dari zat besi.

7. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang menyediakan banyak zat besi untuk tubuh. 100 gram bayam mengandung 2,7 mg zat besi. Bayam juga merupakan sumber vitamin A dan C, dan magnesium.

8. Tiram

Kerang, tiram, dan udang merupakan sumber zat besi. Makanan laut secara keseluruhan memberikan beberapa manfaat kesehatan, muali dari penurunan berat badan hingga mencegah penyakit.

9. Bayam

Bayam adalah sayuran yang mengandung banyak zat besi. Selain meningkatkan hemoglobin, bayam juga membantu untuk melawan kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel.

Inilah sembilan makanan sehat yang dapat menambah jumlah hemoglobin dalam tubuh Anda. Konsumsi makanan sehat untuk tetap bugar selama menunaikan ibadah puasa.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template