Comments

Wednesday, July 3, 2013

Menggambar Diatas Kertas Hitam

Posted by at 5:54 AM Read our previous post


  Memunculkan elemen kontras adalah cara paling mantap untuk menciptakan imaji dinamis. Salah satu cara menghasilkan efek kontras adalah menggunakan media putih di atas permukaan gelap atau hitam.

Media putih tentu saja bisa dari beragam bentuk, tinta, pensil arang , pastel minyak, pastel kapur hingga pensil warna. Padukan semua media itu dengan latar belakang yang kuat, seketika itu Anda akan memperoleh efek kontras.

Begitu unsur kontras anda hadirkan, gambar yang muncul menjadi lebih dinamis dan dramatis.

Cuma, menggambar di atas media atau kertas hitam butuh latihan. Alasannya, orang terbiasa menggambar di atas permukaan putih, sehingga fokus utama pada bentuk, bayangan dan naungan. Unsur cahaya di sini sudah terwakili oleh warna putih kertas tersebut.

Sementara menggambar di atas permukaan hitam, logika itu harus dibalik. Anda mesti fokus pada bagian mana cahaya jatuh pada obyek, sebab semua unsur gelap, bahayangan, kedalaman, sudah terwakili oleh warna hitam kertas.

Pembalikan ini bisa sangat menantang, namun penting dalam pengembangan skil apalagi bila Anda hendak menjadi seniman serius. 
 
Berikut kiat sederhana bagi pemula seperti yang dituturkan oleh eHow.

1. Pilihlah objek-objek sederhana terlebih dahulu. Benda-benda dengan warna krom atau terbuat dari logam memberi titik pandang yang bagus dan menarik untuk ditangkap dalam sketsa di atas kertas hitam.

2. Sesuaikan cahaya dalam ruangan Anda untuk membuat bayangan benda tak biasa. Bila Anda mengandalkan cahaya matahari, lebih baik menggambar obyek dari foto untuk menghindari perubahan cahaya.

3. Begitu Anda menggoreskan media ke kertas, selalu evaluasi ulang figur yang membentuk obyek Anda karena di sini fokus utama adalah menggambar cahaya untuk memunculkan benda.

4. Gunakan penghapus lunak, kertas untuk membaurkan warna yang Anda kerjakan. Penghapus dan kertas bisa memperlembut nada dan transisi dari terang ke gelap. Efeknya akan beragam bergantung pada apakah warna tersebut diaplikasikan langsung di atas kertas atau dilapisi nada yang lebih terang. Bila Anda menggunakan pastel, Anda bisa juga menggunakan jari untuk menciptakan efek gelap-terang lebih halus.

Tips

Tidak Semua kertas akan memunculkan hasil gambar yang. Anda bisa jadi menyukai tipe tekstur produk tertentu ketimbang yang lain. Menurut seniman Rhonda Bartoe Tucker, kertas hitam dari Mi-Teintes French vellum dari Carson, memiliki tekstur lembut dan halus dan cocok untuk menggambar dengan media pastel.

Mulailah menggambar dengan warna-warna terang terlebih dahulu, setelah itu bergerak menuju ke warna lebih gelap, agar gambar anda tidak 'menghilang' di saat Anda sedang mengerjakannya.

Crayon yang larut dalam air kaya dengan pigmen dan menghasilkan efek kuat di atas kertas hitam.

Untuk variasi, cobalah pena jel, pena cat untuk mencapai efek berbeda dan memberi aksen dalam gambar Anda.

Pastel minyak kaya warna dan memberi hasil cantik di atas kertas hitam, tapi mereka dengan mudah mengotori tangan. Kecuali Anda sadar dengan hal ini dan memeriksa tangan dan mencucinya setiap saat, sebaiknya jadikan pastel minyak pilihan terakhir hingga Anda terlatih betul menggunakannya.
Ini adalah salah satu video yang bisa dijadikan acuan dan inspirasi

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template