Comments

Tuesday, May 14, 2013

10 Buah-buahan paling eksotis

Posted by at 5:49 AM Read our previous post
10 Buah-buahan paling eksotis

Beberapa buah memiliki bentuk yang unik dan eksotis. Misalnya saja mirip seperti tentakel gurita atau bahkan bintang. Meskipun demikian, buah-buahan eksotis tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan.
Beberapa buah-buahan paling eksotis seperti yang dilansir dari Yahoo Shine berikut kebanyakan bisa ditemukan di Indonesia. Apa saja? Simak selengkapnya.

1. Tangan Buddha

10 Buah-buahan paling eksotis

Punya bentuk menyerupai kumpulan jari, buah tangan Buddha sebenarnya adalah sejenis lemon. Bahkan tangan Buddha mengandung nutrisi delapan kali lipat lebih banyak daripada jeruk.

2. Buah naga

10 Buah-buahan paling eksotis

Tumbuhan yang menghasilkan buah naga punya bentuk seperti kaktus. Memang tanaman tersebut masih termasuk anggota keluarga dari kaktus. Namun di balik penampilan garangnya, buah naga memiliki tekstur lembut seperti kiwi dengan biji-bijian berwarna hitam kecil. Buah naga juga sangat rendah kalori namun penuh serat dan kalsium.

3. Asam Jawa

10 Buah-buahan paling eksotis

Tahukah Anda, asam Jawa yang biasanya digunakan sebagai pemberi rasa sayur ternyata merupakan salah satu buah eksotis. Kalorinya rendah, sehingga asam Jawa merupakan camilan yang tepat jika Anda ingin berdiet. Asam Jawa juga digunakan untuk mengobati pilek, sembelit, demam, dan mual.

4. Belimbing

10 Buah-buahan paling eksotis

Buah yang satu ini tergolong eksotis karena bentuknya menyerupai bintang. Bisa dinikmati secara langsung, diolah menjadi jus, atau campuran salad. Kalorinya rendah, tetapi bernutrisi tinggi, di antaranya adalah vitamin C, kalium, flavonoid, vitamin B, dan serat.

5. Kiwano

10 Buah-buahan paling eksotis

Kiwano bisa dibilang sebagai buah melon tanduk. Seperti namanya, jenis buah melon ini memang memiliki 'tanduk' di sekujur tubuhnya. Rasanya tetapi jauh dari buah melon. Sebab melon tanduk memiliki cita rasa campuran antara mentimun, kiwi, dan pisang. Kandungan nutrisi di dalamnya adalah vitamin C, zat besi, dan kalium.

6. Nangka

10 Buah-buahan paling eksotis

Buah nangka layaknya durian yang memiliki duri. Namun durinya tidak terlalu tajam. Nangka juga kebalikan dari durian. Jika durian memiliki aroma tajam yang tak tertahankan, nangka masak justru menyebarkan bau harum. Nangka kaya akan vitamin B kompleks. Makan nangka juga meningkatkan energi dan menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Annatto

10 Buah-buahan paling eksotis

Sekilas dari luar annatto tampak seperti rambutan. Namun annatto punya bentuk mirip hati sehingga membuatnya termasuk sebagai salah satu buah yang paling eksotis. Jika dibuka, annatto memiliki banyak biji, itulah yang dimakan. Biji annatto serat akan vitamin E yang mampu melawan kanker.

8. Mengkudu

10 Buah-buahan paling eksotis

Setengah cangkir buah mengkudu hanya memiliki 15 kalori dan 1,5 gram gula. Namun vitamin C pda mengkudu sangat tinggi. Buah yang satu ini mulai marak dikonsumsi karena keampuhannya dalam mencegah dan melawan kanker. Sayangnya, mengkudu memiliki rasa dan aroma yang tidak begitu lezat.

9. Rambutan

10 Buah-buahan paling eksotis

Rambutan banyak ditemukan di Indonesia. Termasuk buah eksotis yang memiliki rasa manis dan terkadang agak asam seperti anggur. Rambutan kaya vitamin C dan zat besi. Beberapa orang makan rambutan beserta kulitnya. Namun biji rambutan harus dibuang karena sifatnya beracun bagi tubuh.

10. Srikaya

10 Buah-buahan paling eksotis

Terakhir, buah paling eksotis dan mudah sekali ditemukan di Indonesia adalah srikaya. Bentuk buah srikaya mirip seperti biji pinus yang penuh sisik. Namun daging buahnya sangat lembut. Srikaya mengandung antioksidan tinggi dan vitamin B. Srikaya juga termasuk camilan tepat yang bisa dinikmati jika Anda berdiet karena kalorinya cukup rendah.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template