Comments

Saturday, May 18, 2013

10 Penyebab bau mulut yang jarang diketahui

Posted by at 5:03 AM Read our previous post
http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/05/14/190238/540x270/10-penyebab-bau-mulut-yang-jarang-diketahui.jpg 
Bau mulut bisa bikin Anda malu ketika berbicara dengan orang lain. Hal ini juga dapat membuat orang lain menjauhi Anda karena merasa tidak nyaman. Kebanyakan orang berpikir bahwa penyebab dari bau mulut tidak sedap adalah plak, gigi berlubang dan infeksi gigi. Namun, bau mulut memiliki banyak penyebab yang mengejutkan dan mungkin Anda tidak mengetahuinya. Yuk simak ulasan dari Boldsky!

1. Melewatkan sarapan 

Sarapan tidak hanya baik untuk perut Anda, tetapi juga untuk mulut Anda. Sarapan pagi dapat membantu Anda meningkatkan produksi air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.

2. Masalah hati 

Masalah hati, seperti sindrom lemak hati atau penyakit kuning, juga bisa membuat bau mulut tidak sedap. Hati bertanggung jawab untuk metabolisme lemak dan ketika hati tidak mampu melakukan tugas itu, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat.

3. Sariawan

Sariawan sering menyebabkan bau mulut tidak sedap karena pembentukan nanah dan infeksi.

4. Perdarahan gusi 

Gusi berdarah membuat darah kadang-kadang menumpuk di dalam mulut sehingga akhirnya berbau tidak sedap. 

5. Infeksi tenggorokan 

Bila Anda menderita infeksi tenggorokan, bakteri kadang-kadang memecah sel-sel dari saluran bronkial dan menghasilkan lendir yang berbau tidak sedap.

6. Gagal ginjal 

Gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu bau mulut. Akibatnya, bau mulut selalu tercium tidak sedap.

7. Diet 

Makanan yang kaya protein bisa memicu bau mulut. Hal ini dikarenakan asam amino bertindak sebagai tempat berkembang biaknya bakteri mulut.

8. Minum alkohol 

Minum terlalu banyak alkohol dapat mengeringkan kelenjar ludah. Air liur biasanya bertindak sebagai media untuk menghapus bau yang dipicu oleh bakteri di dalam mulut. 

9. Apnea tidur 

Orang yang menderita apnea tidur tidak bisa bernapas melalui hidung. Akibatnya, mereka harus bernapas melalui mulut. Itu sebabnya, udara mengeringkan air liur dan memicu bau mulut.

10. Obat 

Beberapa obat dapat mengeringkan mulut. Obat anti-depresan dan penghilang rasa sakit dapat mengeringkan mulut. Dengan tidak adanya air liur, bau mulut akan meningkat.

Inilah sepuluh penyebab bau mulut jadi tidak sedap. Untuk mengatasi bau mulut, Anda bisa mengonsumsi permen pelega tenggorokan atau penyegar mulut.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template