Comments

Tuesday, May 7, 2013

4 Pelajaran kepemimpinan dari pilot

Posted by at 4:47 AM Read our previous post
4 Pelajaran kepemimpinan dari pilot
Wiraswasta tak ubahnya seperti pilot. Mereka punya tujuan dan sangat disiplin. Agar metodenya sukses, mereka harus penuh percaya diri dan meningkatkan kompetensi.
Selain itu, ada beberapa hal yang bisa dipelajari wiraswasta dari pilot tentang hal kepemimpinan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Inc.com berikut ini.
Jangan berasumsi Anda tahu segalanyaPilot yang berasumsi mengetahui segalanya bisa 'membunuh' seluruh penumpang pesawat. Demikian juga seorang pemimpin. Jangan tersinggung dan ragu menerima saran dari orang lain atau ketika menyarankan untuk mengikuti aturan tertentu. Bisa saja informasi tersebut berguna bagi Anda.
Jangan panik saat menghadapi sesuatuSaat ada masalah dalam penerbangan, penting bagi pilot dan awak kabin lainnya untuk segera mengatasi hal tersebut. Namun jangan sampai panik ketika menghadapi masalah. Cari tahu dengan benar apa penyebabnya. Kemudian atasi dengan cepat dengan aksi yang tepat.
Jangan menganggap tak ada masalah sampai akhirManusia cenderung berpikir, jika sekarang tidak ada masalah, maka semuanya pasti akan baik-baik saja sampai akhir. Namun pilot dilarang berpikir seperti itu. Mereka berusaha untuk mendidik diri sendiri tentang berbagai bahaya yang bisa saja terjadi di saat penerbangan. Demikian juga dengan wiraswasta, pemimpin yang baik perlu berusaha untuk mengantisipasi semua masalah, bahkan sebelum tanda-tanda masalah itu muncul.
Jangan pergi sendirianPilot ditemani oleh co-pilot. Sebab meskipun mereka memegang kendali penuh atas pesawat, pilot tetap butuh bantuan. Sama seperti dunia bisnis, jangan 'pergi' sendirian ke medan perang. Anda tetap butuh pendamping dalam menyusun berbagai rencana kerja sehingga bisnis tetap berjalan meskipun Anda tengah beristirahat.
Itulah beberapa pelajaran kepemimpinan yang bisa didapatkan dari pilot.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template