Comments

Monday, May 20, 2013

5 Tips mengajak anak ke dokter gigi pertama kali

Posted by at 5:26 AM Read our previous post
5 Tips mengajak anak ke dokter gigi pertama kali

Kebanyakan anak takut diajak ke dokter gigi. Padahal memeriksakan gigi dan mulut ke dokter gigi adalah hal penting yang harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi anak.
Tak perlu panik ketika harus membawa anak ke dokter gigi untuk pertama kali. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kunjungan ke dokter gigi berjalan lancar dan tak membuat anak trauma, seperti dilansir oleh US News (14/05).

1. Jadwalkan di pagi hari

5 Tips mengajak anak ke dokter gigi pertama kali

Ada baiknya untuk menjadwalkan kunjungan ke dokter gigi di pagi hari, ketika anak sedang bersemangat dan tidak rewel. Di pagi hari anak cenderung mudah diajak bekerja sama dan berperilaku baik, terutama jika mereka cukup tidur di malam harinya.

2. Jangan terlihat khawatir

5 Tips mengajak anak ke dokter gigi pertama kali

Tanpa disadari orang tua, anak-anak bisa merasakan kekhawatiran mereka. Hal ini akan mempengaruhi perilaku anak. Ketika mengajak anak ke dokter gigi, tetaplah terlihat santai dan positif, jangan merasa khawatir. Jika anak mengetahui Anda cemas dan khawatir, mereka akan ikut merasa cemas dan takut untuk menemui dokter gigi.

3. Jangan gunakan dokter gigi sebagai ancaman

5 Tips mengajak anak ke dokter gigi pertama kali

Jangan sekali-kali menggunakan istilah dokter gigi atau hal yang berkaitan dengan kunjungan ke dokter gigi sebagai ancaman bagi anak. Ini sama dengan membiasakan mereka untuk takut pada dokter gigi. Seringkali orang tua melakukan hal ini pada anak agar mereka rajin merawat kesehatan gigi. Hal ini bisa membuat anak trauma atau tak suka mengunjungi dokter gigi. Padahal kunjungan ke dokter gigi seharusnya dilakukan enam bulan sekali untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut.

4. Jangan sogok anak untuk ke dokter gigi

5 Tips mengajak anak ke dokter gigi pertama kali

Jelaskan pada anak pentingnya untuk memeriksakan gigi dengan rutin ke dokter gigi. Jangan gunakan sogokan untuk mengajak mereka ke dokter gigi. Jika anak terbiasa dengan sogokan mereka tak akan menyadari pentingnya memeriksakan gigi secara teratur. Ini membuat mereka tak sadar tanggung jawab mereka sendiri untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka.

5. Lakukan diskusi sebelum kunjungan ke dokter gigi

5 Tips mengajak anak ke dokter gigi pertama kali

Sebelum melakukan kunjungan ke dokter gigi, biasakan anak untuk mendengar beberapa hal mengenai dokter gigi. Jelaskan manfaatnya, apa yang akan dilakukan oleh dokter gigi. Jelaskan juga ruangan dokter yang akan dikunjungi, seperti apa pekerjaan dokter gigi, alat yang digunakan, dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk membuat anak familiar dengan apa yang akan mereka hadapi. Ketika melakukan ini, jangan sampai Anda terlihat khawatir atau membuat kunjungan ke dokter gigi terdengar menyeramkan. Ceritakan hal-hal positif yang bisa didapatkan anak dari kunjungannya ke dokter gigi.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengajak anak ke dokter gigi pertama kali. Yang terpenting adalah untuk membuat anak menyadari manfaat dan pentingnya mengunjungi dokter gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka serta membuat mereka tak takut mengunjungi dokter gigi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template