Comments

Monday, May 13, 2013

6 Fakta tentang herpes yang harus diketahui

Posted by at 5:36 AM Read our previous post
6 Fakta tentang herpes yang harus diketahui
Tidak berganti-ganti pasangan bukan berarti Anda tak bisa terkena herpes. Herpes bisa disebabkan oleh banyak hal. Faktanya, sekitar 50 - 80 persen warga Amerika, tak peduli usianya, memiliki herpes. Agar mengetahui lebih jelas mengenai penyakit ini, Anda harus mengetahui fakta-fakta di baliknya.
Berikut adalah beberapa fakta penting mengenai herpes yang harus Anda ketahui, seperti dilansir oleh Third Age (06/05).

1. Anda harus melakukan tes herpes

6 Fakta tentang herpes yang harus diketahui

Jika Anda masih mengira-ngira apakah memiliki herpes, sebaiknya segera periksakan diri Anda. Segera minta dokter melakukan tes darah untuk melihat apakah Anda memiliki herpes. Tes darah tak hanya menunjukkan apakah Anda memiliki herpes, tetapi juga herpes jenis apa. Herpes-2 adalah yang biasanya menyebabkan rasa panas pada alat kelamin dan lebih parah dari herpes-1. Memeriksakan diri juga memberikan kesempatan pada Anda untuk berjaga-jaga dan mencegah herpes.

2. Jangan lakukan seks selama wabah

6 Fakta tentang herpes yang harus diketahui

Risiko terkena herpes semakin tinggi ketika ada wabah. Jangan hanya mempertimbangkan rasa gatal atau luka yang muncul di sekitar kemaluan, tetapi di seluruh tubuh. herpes bisa muncul di dekat bibir, di pangkal paha, atau di bagian tubuh yang lain. Kemungkinan herpes yang muncul di daerah lain tubuh, selain kelamin, tidak parah, namun tetap bisa menular lewat seks. Untuk itu, sebaiknya hindari dulu berhubungan seksual ketika wabah herpes menyebar.

3. Pahami risiko herpes

6 Fakta tentang herpes yang harus diketahui

Herpes bisa menyebar melalui seks oral, hubungan seksual, atau kontak kulit saja. Hal ini termasuk alat kelamin, pangkal paha, atau anus. Faktanya, penularan dari kulit ke kulit adalah yang paling berisiko dan paling sering terjadi. Sayangnya kebanyakan orang hanya berfokus pada wilayah di sekitar kemaluan saja.

4. Gunakan kondom

6 Fakta tentang herpes yang harus diketahui

Bahkan jika Anda sedang tidak ingin mencegah kehamilan, kondom bisa digunakan untuk menangkal herpes. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kondom bisa mengurangi risiko terkena herpes hingga 50 persen. Para ahli menyarankan agar Anda dan pasangan menggunakan kondom selama melakukan hubungan seksual atau foreplay karena virus bisa menyebar ke manapun.

5. Pengobatan

6 Fakta tentang herpes yang harus diketahui

Untuk menghilangkan virus herpes tentu Anda harus menghubungi dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat antivirus. Namun obat dan perawatan semacam ini hanya untuk menghilangkan gejalanya, bukan herpes. Virus herpes tidak memiliki obat dan bisa muncul lagi sewaktu-waktu. Hal ini karena virus herpes bisa ;tidur' dalam tubuh manusia.

6. Jangan putus asa

6 Fakta tentang herpes yang harus diketahui

Jika Anda telah terkena herpes, bukan berarti Anda akan menularkannya pada pasangan Anda. Untuk mencegahnya, gunakan kondom, hindari kontak seksual saat herpes muncul, dan gunakan pengobatan untuk mengurangi kemungkinan penularan virus.
Itulah enam fakta penting mengenai herpes yang harus Anda ketahui. Jika Anda pernah terkena herpes sebelumnya, jangan khawatir. Anda masih bisa melakukan perawatan untuk mencegah herpes muncul lagi atau menular pada pasangan Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template