Comments

Friday, May 10, 2013

Sebelum lulus kuliah, yuk buat perencanaan karir!

Posted by at 8:46 PM Read our previous post
Sebelum lulus kuliah, yuk buat perencanaan karir!
Sebelum lulus dari kuliah, sebaiknya Anda sudah tahu pekerjaan apa yang cocok untuk Anda dan seberapa baik bakat Anda di bidang tersebut. Oleh karena itu, semua orang disarankan untuk membuat rencana karir ke depan agar bingung ketika harus melangkah ke dunia kerja. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab untuk menyusun perencanaan karir ke depan, seperti dilansir Livestrong.


1. Apa yang Anda sukai?

Mencari tahu apa yang suka Anda lakukan adalah langkah besar dalam perencanaan karir. Orang yang mencapai kepuasan kerja tertinggi mengatakan bahwa mereka mencintai pekerjaan mereka dan rela menyelesaikan semua tugas berat itu tanpa mengeluh sedikitpun. Dengan mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan menjadi orang sukses yang bahagia dengan pekerjaannya. Buatlah daftar hal-hal yang Anda sukai (tidak peduli seberapa banyak) dan menilai mereka pada skala 1 sampai 10.

2. Mempelajari tentang kemampuan Anda

Setelah menemukan apa yang benar-benar suka Anda lakukan, sangat penting untuk tetap bersikap realistis mengenai tujuan Anda. Banyak orang suka menyanyi dan menari, tetapi sangat sedikit yang bisa mewujudkan mimpi sebagai penyanyi atau penari profesional karena memang tidak memiliki bakat di bidang itu. Menemukan bakat adalah cara terbaik untuk melakukan pencarian kerja yang cocok untuk Anda dan mengidentifikasi pilihan karir yang tepat. Coba lakukan tes bakat secara online atau berkonsultasi dengan seorang konselor karir.

3. Pertimbangkan pelatihan dan pendidikan

Sebagian besar pilihan karir memerlukan keahlian atau latar belakang pendidikan tertentu. Oleh karenanya, Anda memerlukan beberapa keterampilan atau pengetahuan untuk menjadi sukses dalam pekerjaan apa pun. Mulai sekarang, cari tahu apa keterampilan yang Anda butuhkan untuk bisa berhasil dalam karir yang akan Anda pilih, dan bersikap realistis lah tentang kemungkinan menguasai keterampilan dan pendidikan yang diperlukan dalam bidang yang Anda impikan.

4. Temukan tempat pertama yang pasti menerima Anda

Seringkali bagian tersulit dari setiap usaha perencanaan karir adalah mencari pekerjaan pertama Anda. Setelah mempersempit pilihan Anda dan menemukan lapangan pekerjaan terbaik yang cocok dengan temperamen dan bakat spesifik Anda, sangat penting untuk mulai mencari tempat pertama yang mau menerima Anda.

5. Berpikir positif

Selalu berpikir positif tentang cara menggapai karir yang hebat. Orang yang sukses dalam karir mereka telah menemukan bahwa berpikir positif adalah komponen terbesar dalam hidup mereka. Pastikan bahwa pikiran Anda tetap terbuka, belajar untuk secara efektif menangani stres dan tahu kapan harus mencoba sesuatu yang lain untuk mencegah kebosanan dan frustrasi ketika Anda berjuang guna mencapai tujuan tersebut. Pastikan Anda selalu berpikiran positif dalam menghadapi kesulitan dan mau menantang diri Anda untuk segera mencapai impian Anda.

Inilah beberapa hal yang harus Anda cari tahu sebelum Anda benar-benar merasakan pengalaman kerja. Dengan demikian, Anda akan lebih tahu apa langkah yang harus Anda ambil ke depannya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template