Comments

Friday, May 10, 2013

Tips merawat tindikan agar tidak infeksi

Posted by at 8:24 PM Read our previous post
Tips merawat tindikan agar tidak infeksi
Body piercing sangat terkenal di kalangan anak muda saat ini. Seperti halnya pakaian, make up, tren fashion dan gaya rambut, para remaja kini juga menggandrungi seni menindik tubuh. Tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang perawatan body piercing. Body piercing harus dilakukan dengan alat-alat yang higienis dan juga oleh seorang penindik berlisensi. Peralatan yang digunakan untuk body piercing juga harus steril dan cuma sekali pakai. Berikut adalah beberapa tips perawatan bagi Anda yang suka melakukan body piercing, seperti dilansir Boldsky.

1. Selalu mencuci tangan dengan sabun cair anti-bakteri sebelum menyentuh tindikan

Beberapa jenis tindikan, seperti tindik pusar atau puting, harus ditutupi dengan selama 2 atau 3 hari, sesuai petunjuk yang diberikan oleh penindik. Hal ini dilakukan untuk mencegah kontak dengan bakteri.

2. Pakai pakaian longgar

Pastikan bahwa daerah yang ditindik tetap kering. Dan pakailah pakaian longgar sehingga daerah yang ditindik tidak terkekang oleh pakaian ketat.

3. Garam laut dan air

Untuk tindik di bagian wajah atau telinga, ada beberapa solusi pembersihan yang dapat membuat proses penyembuhan lebih cepat. Campurkan garam laut dan air untuk membersihkannya secara rutin. Lanjutkan perawatan ini selama sebulan setelah daerah yang tindik telah sembuh.

4. Anda harus sangat berhati-hati dengan tindik oral

Setiap kali Anda minum, makan atau merokok, gunakan obat kumur anti-septik untuk membersihkan mulut Anda. Anda dapat menyimpan obat kumur dalam botol dan menggunakannya setiap kali dibutuhkan.

5. Jangan gunakan salep atau sabun pada tindikan

Penggunaan salep atau sabun anti-septik dapat memperlambat proses penyembuhan. Hindari menggunakan shampo dan deodoran di dekat tindikan. Dan hindari berenang selama beberapa minggu pertama setelah menindik tubuh Anda. Hal itu dikarenakan klorin yang terkandung dalam air kolam dapat mengontaminasi tindikan Anda. 

Inilah lima cara merawat tindikan agar terhindar dari infeksi bakteri. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template