Comments

Sunday, July 14, 2013

5 Tanda orang tua yang over protektif

Posted by at 6:29 AM Read our previous post


Sikap protektif atau melindungi memang wajar jika ditunjukkan oleh orang tua pada anaknya. Namun dampaknya bisa jadi buruk jika orang tua melakukannya secara berlebihan. Simak tanda orang tua yang over protektif selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.
Kerap cemas

Orang tua pasti cemas akan keselamatan anaknya saat bermain. Terutama jika anak masih berada dalam tahap belajar. Namun membatasi aktivitas fisik di luar ruangan hanya karena cemas akan keselamatan anak justru akan menghambat perkembangan anak itu sendiri.
Tidak percaya

 Tanda orang tua yang over protektif selanjutnya adalah kecenderungan untuk meragukan atau tidak percaya pada keputusan yang dibuat oleh anak. Dampak buruknya, anak akan menjadi pribadi yang selalu berburuk sangka dan kurang percaya diri pada kemampuannya sendiri.
Selalu mengawasi

Jika ada orang tua yang selalu mengawasi aktivitas anak kapan saja dan di mana saja, artinya mereka cukup over protektif. Tidak perlu khawatir jika anak sedang jalan-jalan dengan temannya. Mengawasi anak justru membuat mereka sulit bersosialisasi dengan yang lain.
Tak tahan melihat anak stres

Karena takut anak merasa stres dan depresi, orang tua yang over protektif biasanya akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu buah hatinya. Misalnya mengerjakan pekerjaan rumah, proyek, atau tugas sekolah anak. Kalau sudah begini, anak tentu gagal bersikap mandiri.
Rasa takut yang tidak wajar

Jika orang tua punya sifat over protektif, mereka cenderung memiliki rasa takut yang tidak wajar. Orang tua juga akan selalu membayangkan hal-hal buruk yang bisa terjadi pada anaknya.
Itulah berbagai tanda orang tua yang over protektif. Khawatir atau cemas pada anak memang boleh, asal jangan berlebihan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template