Comments

Friday, July 19, 2013

6 Alasan menstruasi terlambat, selain karena hamil

Posted by at 6:32 AM Read our previous post



Banyak wanita mengira jika menstruasi datang terlambat, mereka kemungkinan besar sedang hamil. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Ada banyak alasan kenapa menstruasi bisa terlambat, simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.

Ketidakseimbangan hormon

Hormon memegang peranan penting dalam siklus menstruasi wanita. Jika terjadi ketidakseimbangan, wanita pun cenderung terlambat atau bahkan terlalu cepat mengalami datang bulan.


Pengobatan

Alasan lain kenapa menstruasi datang terlambat adalah karena efek dari obat-obatan yang dikonsumsi. Pengobatan tersebut menyebabkan hormon tidak seimbang dan membuat menstruasi datang terlambat.


Tiroid

Jika hormon estrogen dan progesteron berperan langsung dalam siklus menstruasi, hormon tiroid juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa wanita mengalami haid terlalu singkat atau terlalu lama.


Olahraga

Wanita yang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga terlalu berat biasanya juga bermasalah dengan siklus menstruasinya. Tubuh yang kelelahan, stres, dan tenaga yang terkuras habis membuat menstruasi datang terlambat.


Pil KB

Tak jarang pil KB yang dikonsumsi juga membuat menstruasi datang terlambat. Wanita perlu berkonsultasi dengan dokter jika tidak ingin kondisi tersebut berlanjut terus-terusan.


Stres

Stres mampu memberi dampak buruk bagi fungsi tubuh. Apapun sebab dari stres, hormon ikut terpengaruh dan membuat menstruasi wanita datang terlambat.

Demikian berbagai alasan kenapa wanita terlambat datang bulan, selain karena hamil.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template