Comments

Sunday, July 14, 2013

8 Kebiasaan sehat dalam waktu satu menit

Posted by at 7:23 AM Read our previous post


Banyak orang mengira melakukan kebiasaan sehat itu merepotkan dan butuh waktu lama. Padahal, ada banyak kebiasaan sehat yang bisa dilakukan hanya dalam waktu satu menit saja!
Salah satunya adalah menggosok lidah. Kenapa? Sebab kuman bukan cuma bisa menempel di gigi, tetapi juga lidah. Coba simak kebiasaan sehat lain yang bisa dilakukan dalam waktu satu menit selengkapnya seperti yang dilansir dari Live Science berikut ini.

1. Alas kaki

Jangan pernah membawa masuk alas kaki yang dipakai di luar rumah maupun sebaliknya. Biarkan apa yang ada di dalam tetap di dalam dan apa yang ada di luar tetap di luar. Hal ini dilakukan demi mencegah kontaminasi berbagai kuman dari luar rumah.
Jadi lain kali jangan malas melepas atau memakai alas kaki, baik itu saat akan masuk atau keluar rumah demi menjaga kesehatan tubuh.

2. Menyikat lidah

Tahukah Anda, bagian belakang lidah cukup penuh dengan bakteri penyebab bau mulut. Maka dari itu, jangan lupa untuk membersihkan bagian lidah juga ketika menggosok gigi.
Meskipun demikian, menyikat lidah perlu dilakukan dengan hati-hati. Cukup biasakan diri melakukan hal tersebut satu kali dalam sehari untuk membersihkan kuman secara lebih maksimal dan membuat napas lebih segar.

3. Bersin

Jika tidak punya kertas tisu ketika akan bersin, jangan menutup wajah dengan menggunakan tangan. Penutup wajah yang terbaik ketika bersin adalah di lengan (seperti gambar). Kenapa?
Tangan bisa dibilang sumber dari segala macam penyakit. Sebab tangan menyentuh berbagai benda yang kemungkinan besar membawa kuman. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan secara langsung.

4. Minum air

Para ahli kesehatan selalu menyarankan agar kita mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari. Namun jika bosan dengan rasa air putih yang tawar, sebenarnya Anda bisa mencampur air dengan lemon, jeruk, atau jeruk nipis.
Memberi rasa pada air putih dengan menggunakan buah-buahan yang menyehatkan adalah termasuk salah satu kebiasaan sehat yang bisa dilakukan dalam waktu satu menit.

5. Mengistirahatkan mata

Banyak siswa maupun karyawan yang menghabiskan waktu di depan layar komputer. Belum lagi ditambah pencahayaan yang buruk, postur duduk, dan lainnya yang bisa membuat mata dan tubuh tegang.
Jika Anda juga mengalami hal serupa, coba berdiri dan melakukan peregangan. Tidak perlu terlalu lama, cukup satu menit saja selama beberapa kali dalam sehari jika memandang layar komputer terus-terusan.

6. Tabir surya

Entah memiliki kulit gelap atau terang, sedang mendung atau cerah, ada baiknya jika Anda tetap memakai tabir surya. Selain mencegah kanker kulit, penggunaan tabir surya bisa menunda penuaan.
Setidaknya, gunakan tabir surya dengan SPF 15. Anda bahkan tak akan menghabiskan waktu lebih dari satu menit saat mengoleskan tabir surya pada tubuh.

7. Spons cuci piring

Spons untuk mencuci piring dikenal mengandung banyak kuman dan bakteri. Menggantinya setiap satu bulan sekali pun disarankan. Namun jika ingin lebih menghemat pengeluaran, Anda sebenarnya bisa membersihkan spons.
Caranya adalah memasukkan spons ke dalam microwave selama 30 detik setiap malam. Panas dari microwave akan membunuh kuman-kuman yang terkumpul di dalamnya.

8. Ketika marah

Ketika marah, apa yang biasanya Anda lakukan? Saran terbaik adalah dengan menghitung angka satu sampai sepuluh. Teknik mudah ini cukup efektif meredakan amarah yang melanda.
Selain berhitung, coba tarik napas dalam-dalam. Kebiasaan meredam amarah dalam waktu satu menit akan membuat pikiran lebih rileks dan menghindarkan diri Anda dari risiko tekanan darah tinggi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template