Comments

Sunday, July 14, 2013

kenali tanda awal kanker tenggorokan

Posted by at 6:58 AM Read our previous post

Beberapa jenis kanker sangat sulit dikenali dan tak jarang, penderita baru mengetahuinya setelah kanker mencapai tahap lanjut. Salah satunya adalah kanker tenggorokan. Ada banyak penyebab dari kanker tenggorokan, seperti merokok dan mengunyah tembakau. Berikut adalah tanda awal dari kanker tenggorokan, seperti dilansir Boldsky.

1. Kesulitan menelan 

Kesulitan dalam menelan merupakan salah satu tanda awal dari kanker tenggorokan. Kanker tumbuh sebagai tumor di tenggorokan Anda. Dan jika Anda memiliki pertumbuhan lanjut di tenggorokan, itu akan menghambat perjalanan makanan atau bahkan membuat Anda sulit untuk menelan.

2. Permukaan laring terasa kasar

Anda merasa ada permukaan yang kasar di tenggorokan Anda? Perasaan tidak nyaman ini sangat sulit untuk diabaikan. Jika Anda sudah mulai mengembangkan kanker tenggorokan, Anda akan terus merasakan tanda ini.

3. Perubahan suara

Jika kanker tumbuh di sekitar pita suara, itu akan menyebabkan perubahan suara. Konsultasikan dengan dokter, segera setelah Anda melihat adanya tanda perubahan suara. 

4. Batuk yang lama sembuhnya

Bila Anda menderita batuk yang terus-menerus dan kunjung hilang dan membuat suara Anda serak, Anda harus mewaspadai tanda ini. Ini adalah salah satu tanda awal dari kanker tenggorokan. Dan jika Anda mengabaikan gejala ini, Anda berisiko mengembangkan kanker. 

5. Bunyi napas jadi aneh

Ketika Anda bernapas, udara melewati Anda dan kemudian dilanjutkan ke trakea. Salah satu gejala kanker tenggorokan adalah muncul suara aneh ketika bernapas.

Inilah lima tanda awal dari kanker tenggorokan. Jangan abaikan gejala awal yang Anda rasakan. Sebab, semakin cepat kanker dideteksi, semakin besar pula kesempatan seseorang untuk sembuh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template