Comments

Monday, May 20, 2013

Kembang kol dan kentang, sayuran sehat yang terlupakan

Posted by at 5:12 AM Read our previous post
Kembang kol dan kentang, sayuran sehat yang terlupakan


Selama ini, sayuran berdaun hijau lebih sering disarankan untuk dikonsumsi. Padahal sayuran berwarna putih seperti kembang kol dan kentang juga tak kalah sehatnya, sayang keduanya justru kerap dilupakan.
Menurut penelitian terbaru, kentang, kembang kol, jamur, lobak, dan sayuran putih lainnya memiliki kandungan serat dan gizi yang tak kalah penting dengan yang berwarna.
"Kembang kol dan kentang adalah sayuran sehat yang terlupakan," tutur tim peneliti dari Purdue University di Indiana.
Kepala peneliti Connie Weaver pun mengingatkan bahwa warna bukan satu-satunya standar ukuran kadar gizi pada sayuran.
"Banyak yang menyarankan agar kita makan sayuran berwarna hijau dan oranye. Tetapi bagaimana dengan putih? Padahal sayuran berwarna putih kaya serat, kalium, dan magnesium," papar Weaver, seperti yang dikutip dari Daily Mail (15/05).
Dengan adanya penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutritionini, Weaver berharap masyarakat tetap rajin mengonsumsi sayuran putih yang harganya cenderung lebih mudah dijangkau. Lagipula, tidak ada sayuran yang tidak bernutrisi. Sehingga tidak perlu khawatir tidak mendapatkan keuntungan apapun saat makan sayuran putih.
Misalnya saja kentang. Sumber karbohidrat yang satu ini ternyata juga kaya akan serat dan vitamin C. Khasiat makan kentang pun bisa melindungi tubuh dari kanker dan menurunkan kadar kolesterol.
Sementara kembang kol, sayuran putih tersebut memiliki mikronutrisi yang menangkal kanker. Jika sedang diet, jangan ragu makan kembang kol karena kalorinya sangat rendah namun seratnya begitu tinggi.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template