Comments

Monday, May 13, 2013

Kesuksesan bisa diprediksi di usia 7 tahun?

Posted by at 5:40 AM Read our previous post
Kesuksesan bisa diprediksi di usia 7 tahun?
Jika Anda ingin mengetahui apakah buah hati Anda akan menjadi orang dewasa yang sukses, kunjungi mereka saat duduk di bangku kelas 2 sekolah dasar, demikian menurut peneliti.
Lebih tepatnya, peneliti dari University of Edinburgh di Skotlandia membongkar fakta bahwa kemampuan membaca dan matematika anak berusia 7 tahun berkaitan dengan status sosial ekonomi beberapa puluh tahun ke depan.
Penelitian tersebut menggunakan data dari National Child Development Study. Sebanyak 17.000 responden dari Inggris, Skotlandia, dan Wales dilibatkan. Data mereka dianalisis sejak dilahirkan pada tahun 1958 sampai sekarang.
Peneliti lantas menemukan kalau responden yang nilai mata pelajaran membaca dan matematikanya baik cenderung memiliki pekerjaan yang bagus saat dewasa. Ditemukan saat anak berusia 7 tahun dan memiliki nilai terbaik pada kedua mata pelajaran tersebut, pemasukan mereka bertambah menjadi lebih besar ketika memasuki usia 42 tahun.
"Penelitian ini mengindikasikan kalau kemampuan dasar anak, sisi independen dalam kecerdasan, berapa lama bertahan di sekolah, atau kelas sosial seperti apa yang diduduki anak sangat penting dalam proses memprediksi kesuksesan seseorang," papar peneliti Stuart Ritchie dan Timothy Bates, seperti yang dikutip dari Live Science.
Peneliti juga menduga kalau gen berperan dalam penelitian yang mereka lakukan dan menjadikan hasil berbeda-beda pada setiap anak.
Hasil penelitian tersebut kemudian dilaporkan dalam jurnal Psychological Science.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template