Comments

Saturday, July 6, 2013

5 Penyakit yang berasal dari binatang peliharaan

Posted by at 5:25 AM Read our previous post



Binatang peliharaan memang menggemaskan. Namun jika tidak berhati-hati menjaga kebersihan dan kesehatan, ada banyak penyakit yang bisa ditularkan oleh binatang peliharaan. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Cacing tambangKotoran binatang peliharaan bisa menularkan penyakit cacing tambang. Hal ini terjadi jika manusia berjalan tanpa alas kaki di taman atau kebun yang sering dikunjungi binatang peliharaan. Anak anjing atau kucing sendiri mendapatkan cacing tambang dari susu induknya.

Cacing gelangAnak anjing atau kucing terinfeksi cacing gelang dari induknya ketika masih berada dalam kandungan. Sementara penularannya kepada manusia hampir sama seperti cacing tambang, yaitu tak sengaja menelan tanah yang telah terkontaminasi dengan telur cacing gelang.

ToksoplasmosisIni adalah penyakit yang paling umum diderita oleh kucing dan manusia, terutama ibu hamil. Jadi ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk membersihkan kotoran kucing. Makanan mentah juga sebaiknya tidak diberikan pada kucing demi mencegah infeksi penyakit tersebut.

Penyakit LymePenyakit ini disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdoferi dan disebarkan oleh kutu. Kutu tersebut bahkan tidak hanya mengisap darah manusia, melainkan juga tikus, rusa, sampai binatang peliharaan. Infeksi penyakit Lyme bisa menyebabkan penurunan sistem imun sampai gangguan ginjal.

ScabiesPenyakit lain yang berasal dari binatang peliharaan adalah scabies yang ditularkan melalui peralatan atau kandang yang digunakan. Scabies membuat binatang peliharaan suka menggaruk dan menggigit kulitnya. Jika menular ke manusia, scabies bisa hidup lebih dari tiga minggu dan menyebar ke bagian lain.
Untuk meminimalisir infeksi berbagai penyakit tersebut, sebaiknya rajin bersihkan binatang peliharaan, kandang, dan peralatan makannya. Jangan lupa cuci tangan setelah melakukan semuanya. Selain itu, binatang peliharaan juga perlu divaksin dan melakukan kunjungan ke dokter hewan secara rutin.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template