Comments

Sunday, July 14, 2013

9 Buah segar pencegah dehidrasi saat Ramadan

Posted by at 7:16 AM Read our previous post


Kekurangan cairan atau dehidrasi sangat mungkin terjadi saat Ramadan. Untuk itu, ketika berbuka dan sahur, pastikan untuk selalu memenuhi cairan tubuh. Tak hanya dengan minum air, cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan buah-buahan yang mengandung air.
Berikut ini adalah buah-buahan yang mengandung banyak air dan cocok untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa, seperti dilansir oleh The Eco Muslim (20/06).
1. Semangka
Semangka memiliki tingkat hidrasi 92 persen karena mengandung banyak air. Semangka merupakan buah yang paling banyak mengandung air. Gula yang terkandung di dalamnya juga berisi berbagai mineral seperti magnesium, kalsium, sodium, dan potasium, sehingga lebih efektif untuk mencegah dehidrasi dibandingkan dengan air biasa.
2. Jeruk
Jeruk memiliki tingkat hidrasi 87 persen. Jeruk memiliki rasa manis dan mengandung 100 persen vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.
3. Buah berry
Strawberry berada pada urutan ke-4 buah yang paling banyak mengandung antioksidan dan terbuat dari 92 persen air. BUah raspberry dan blueberry juga bisa dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi. Selain mengandung air, buah berry juga mengandung vitamin C yang baik untuk membersihkan arteri dan mengatur gula darah.
4. Anggur
Anggur juga mengandung cairan dalam buahnya. Selain itu, anggur juga mengandung antioksidan bernama rerveratol. Anda bisa mengonsumsi anggur hijau, merah, ungu, atau anggur hitam.
5. Delima
Delima memiliki tingkat hidrasi 90 persen. Selain itu, delima juga hanya memiliki 30 kalori serta mengandung limonoids yang bisa menghilangkan racun dari tubuh serta mencegah tumbuhkan tumor kanker.
6. Air kelapa
Air kelapa memiliki tingkat hidrasi hingga 95 persen. Air kelapa muda mengandung sodium dan karbohidrat. Berbuka dengan air kelapa tentu sangat menyegarkan.
7. Blewah
Blewah memiliki tingkat hidrasi 89 persen. Blewah juga bisa membantu meningkatkan produksi energi tubuh dan menjaga gula darah agar tetap stabil.
8. Nanas
Selain mengandung air, nanas juga memiliki kekuatan untuk mencegah peradangan. Buah ini cocok untuk menjaga tubuh tetap bugar dan menangkal penyakit di bulan Ramadan.
9. Mangga
Mangga yang mengandung 135 kalori tak hanya memiliki air, tetapi juga serat, vitamin A, B6, dan vitamin C. Selain memenuhi cairan tubuh, tentunya mangga bisa membuat tubuh tetap bugar dengan vitamin yang ada di dalamnya.
Itulah sembilan buah yang bisa membantu Anda memenuhi cairan tubuh dan mencegah dehidrasi selama Ramadan. Anda bisa mengonsumsi dua atau tiga buah saat sahur dan berbuka setiap hari untuk memenuhi nutrisi dan cairan tubuh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template