Comments

Saturday, July 6, 2013

Ingin langsing? Makanlah sebelum tidur

Posted by at 5:21 AM Read our previous post



Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda tidak boleh makan di malam hari. Anda tentu sering mendengar hal ini, bukan? Meskipun apa yang Anda dengar mungkin benar, makan di malam hari tidak selamanya bikin badan jadi gendut. Bahkan, makan makanan tertentu di malam hari justru dapat mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Penasaran? Berikut adalah

1. Makanan rendah glikemik dapat mengontrol kadar gula darah

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa apa yang Anda makan untuk makan malam dapat mempengaruhi bagaimana tubuh Anda merespon apa yang Anda makan untuk sarapan pagi berikutnya. Temuan ini menunjukkan bahwa orang yang makan makanan rendah glikemik sebagai makan malam dapat mengatur gula darah mereka setelah sarapan pagi berikutnya. Mengoptimalkan kontrol gula darah tidak hanya penting untuk meningkatkan penurunan berat badan tetapi juga untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berikut adalah makan malam yang dapat membantu Anda mengontrol gula darah di pagi hari, antara lain kacang hitam, kentang atau sayuran, dada ayam, daging sapi tanpa lemak dan salmon.

2. Tidak semua karbohidrat akan berubah menjadi lemak jika Anda makan mereka saat larut malam

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang memiliki pengaruh terbesar pada bagaimana proses metabolisme makanan. Ketika Anda berolahraga, tubuh akan mengubah makanan yang Anda konsumsi. Setelah latihan, otot Anda akan menyerap lebih banyak karbohidrat. Namun masih banyak orang pantang makan karbohidrat di malam hari karena takut itu akan disimpan sebagai lemak, bahkan setelah mereka dibakar dengan aktivitas fisik sekalipun.

3. Makan karbohidrat di malam hari dapat memberi bantuan untuk mengontrol rasa lapar

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa makan karbohidrat di malam hari benar-benar dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan keesokan harinya. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2011 yang diterbitkan dalam Obesity and Nutrition, Metabolism & Cardiovascular Diseases, menunjukkan bahwa peserta studi yang makan sebagian besar karbohidrat saat malam hari, mengalami perubahan hormon yang dapat mengurangi rasa lapar keesokan harinya. Kemampuan untuk mengontrol rasa lapar adalah kunci sukses dalam penurunan berat badan.

4. Mengonsumsi protein sebelum tidur dapat membangun otot ketika sedang tidur

Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa tubuh tidak dapat mencerna makanan saat sedang tidur. Benarkah? Saat Anda sedang tidur, tubuh tidak berhenti bekerja seperti jantung tetap memompa darah dan paru-paru menyaring udara. Makan sebelum tidur justru dapat membantu mengoptimalkan upaya membangun otot. Binaragawan telah lama memasukkan makanan kaya protein dalam menu harian mereka, seperti susu, keju, yogurt dan bubuk protein, sebelum tidur untuk membantu membangun otot saat mereka tidur. Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Medicine and Science in Sports and Exercise, menemukan bahwa protein yang dikonsumsi sebelum tidur membantu pertumbuhan otot.

Jadi, makan sebelum tidur tidak selalu bikin gemuk atau berbahaya bagi kesehatan. Justru, beberapa makanan bisa sangat membantu untuk mendorong metabolisme tubuh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template