Comments

Saturday, July 6, 2013

perbedaan Kolesterol baik dan jahat

Posted by at 5:06 AM Read our previous post



High Density Lipoprotein biasanya dikenal sebagai kolesterol baik. Sementara Low Density Lipoprotein merupakan kolesterol jahat. Apa perbedaan dan fungsinya bagi tubuh? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.

Pengertian

HDL memiliki tugas untuk membawa kolesterol kembali ke hati dari jaringan dan mencegah penggumpalan di arteri. Sementara LDL sifatnya justru berkumpul di pembuluh darah dan menyumbat arteri.

Sumber

Sumber kolesterol baik bisa diperoleh dari kacang almond, mete, minyak zaitun, kacang tanah, alpukat, kedelai, kenari, tuna, dan biji labu. Sementara ayam tanpa kulit dan daging cukup rendah kolesterolnya dan buah-buahan serta sayuran tidak mengandung kolesterol sama sekali.
Kemudian sumber kolesterol jagat adalah keju, mentega, krim, kuning telur, kulit ayam, daging merah, dan susu.

Manfaat dan kerugian

Karena sifatnya baik, HDL memiliki manfaat menurunkan kolesterol dalam darah sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Berbeda dengan LDL yang sifatnya jahat, kadar berlebihan dalam tubuh bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.
Itulah kolesterol, baik yang jahat maupun yang baik. Cobalah meningkatkan kadar HDL dan menurunkan LDL demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template