Comments

Thursday, January 9, 2014

4 Makanan super untuk melindungi kesehatan jantung

Posted by at 5:33 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Kesehatan jantung tak hanya disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat, tetapi juga makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang menyebabkan jantung bermasalah adalah makanan berminyak seperti kentang goreng, burger berlemak, dan lainnya.

Namun ada juga makanan yang bisa membantu menyehatkan jantung dan melindungi jantung dari segala penyakit. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menguatkan jantung dan melindunginya dari penyakit, seperti dilansir oleh Care2.

1. Hazelnut

 Berbagai jenis kacang diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun hazelnut adalah kacang khusus yang diketahui bisa menjaga kesehatan jantung. Hazelnut mengandung oleic acid dana sam lemak omega-9 yang bisa menurunkan tekanan darah, mencegah stroke, dan menyelamatkan Anda dari serangan jantung. Sebuah penelitian dari European Journal of Clinical Nutrition mengungkap baha mengonsumsi sekitar 30 gram hazelnut sehari bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik, menurunkan jumlah kolesterol jahat, dan mencegah timbunan plak pada arteri.

2. Bawang putih

 Berbagai macam penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan membantu menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah arteri. Berdasarkan penelitian dari Weill Medical College of Cornell University di New york, zat dalam bawang putih memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Bawang putih bisa menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian juga mengungkap bahwa mengonsumsi bawang putih selama empat minggu bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 12 persen. Bawang putih juga membantu membersihkan darah sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah yang bisa menyebabkan stroke.

3. Flaxseed

 Flaxseed adalah biji-bijian yang berasal dari bunga flax (Linium Usistatissinum). Biji-bijian ini mengandung asam lemak omega-3 yang diketahui ampuh untuk mencegah penyakit jantung. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology, mengonsumsi flaxseed yang digerus atau dicampur dengan makanan lain bisa memberikan manfaat hebat untuk kesehatan jantung.

4. Kacang merah

 Kacang merah yang bisa dicampur dalam makanan atau dibuat sebagai es ini mengandung asam lemak omega-3 yang berlimpah. Asam lemak omega-3 diketahui bisa mengurangi kolesterol buruk, membantu membersihkan arteri, menurunkan tekanan darah, dan mengontrol kecepatan detak jantung. Sebuah penelitian baru mengungkap bahwa mengonsumsi empat porsi kacang merah dalam seminggu bisa menurunkan penyakit jantung hingga 22 persen. Jika ingin mengonsumsi kacang merah, campurkan dengan beberapa rempah seperti jahe, kunyit, dan basil untuk mengurangi produksi gas berlebih yang diakibatkannya.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu melindungi kesehatan jantung Anda. Ayo, sayangi jantung dan konsumsi makanan di atas agar terhindar dari berbagai penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template