Comments

Monday, January 13, 2014

5 Alasan untuk mengurangi konsumsi gula sekarang juga!

Posted by at 6:01 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/alasan

Banyak orang tentu sudah mengetahui bahwa konsumsi gula berlebihan memang tak baik dan bisa menyebabkan banyak penyakit, mulai dari diabetes, obesitas, dan lainnya. Namun tak sedikit juga orang yang masih teledor dan tak mengawasi konsumsi gula mereka karena merasa tak berisiko terkena penyakit diabetes tersebut.

Padahal sebenarnya, semua orang seharusnya waspada dengan konsumsi gula mereka setiap hari. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus mulai menakar, mengawasi, serta mengurangi konsumsi gula yang Anda lakukan setiap hari, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Menyebabkan rasa lelah

 Mengonsumsi gula memang bisa memberikan Anda energi secara instan. Namun setelahnya Anda akan merasa lemah dan lelah karena tubuh menggunakan banyak tenaga dan waktu untuk mencerna gula. Jadi, Anda harus membatasi konsumsi gula jika tak ingin merasa selalu lelah dan malas.

2. Mempengaruhi tingkat kolesterol

 Konsumsi gula berlebihan bisa menurunkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh. Dengan kata lain, dengan menurunnya tingkat kolesterol baik maka juga memicu peningkatan tingkat kolesterol buruk dalam darah. Secara tak langsung, terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa menyebabkan tingginya kolesterol jahat yang berujung pada penyakit jantung.

3. Menyebabkan diabetes

 Hal ini tentu sudah diketahui banyak orang. Salah satu hal buruk yang bisa menimpa Anda jika terlalu banyak mengonsumsi gula adalah meningkatkan jumlah kalori pada tubuh yang sulit untuk dicerna dan mempengaruhi insulin. Pada akhirnya ini akan berujung pada diabetes.

4. Kerusakan mata

 Mengonsumsi terlalu banyak gula bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Salah satunya adalah degenerasi makular yang berkaitan dengan umur. Penyakit ini bisa terjadi jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi gula dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya ini terjadi pda manula, namun juga bisa terjadi lebih awal. Degenerasi makular ini menyerang bagian area yang bisa menyebabkan kebutaan.

5. Osteoporis

 Ya, tak hanya kurang kalsium saja yang bisa menyebabkan osteoporosis, kelebihan konsumsi gula juga bisa merusak kesehatan tulang. Gula bisa mempengaruhi kekuatan dan kepadatan tulang, sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak bisa melemahkan tulang. Lama-kelamaan ini akan menyebabkan osteoporosis.

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus mengurangi asupan gula sekarang juga. Jika tak ingin mengalami hal-hal tersebut mulailah mengawasi konsumsi gula yang Anda lakukan setiap hari.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template