Comments

Friday, January 31, 2014

Turunkan risiko stroke secara alami dengan 10 langkah ini

Posted by at 5:27 AM Read our previous post

Tahukah Anda bahwa sebenarnya 80 persen stroke yang terjadi bisa dicegah? Stroke, seperti juga penyakit lainnya, sangat menakutkan karena bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Stroke seringkali terjadi secara mendadak. Namun itu bukan berarti stroke tak bisa dicegah.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stroke. Langkah alami ini akan menurunkan risiko stroke, seperti dilansir oleh Care2 .

1. Ketahui tekanan darah Anda dan selalu periksa secara teratur. Tekanan darah tinggi adalah faktor penyebab stroke yang paling besar, sehingga sangat penting untuk mengetahui tekanan darah Anda dan menjaganya agar tetap stabil.

2. Cek detak jantung. Jika Anda memiliki detak jantung yang tak normal risiko terkena stroke bisa meningkat hingga 500 persen. Pastikan Anda periksakan diri ke dokter jika detak jantung Anda sering tak teratur.

3. Berhenti merokok dan minum alkohol. Selain buruk untuk kesehatan merokok juga bisa meningkatkan risiko stroke hingga dua kali lipat. Jika Anda bukan perokok sebaiknya Anda menghindari orang-orang yang merokok karena penelitian dari University of Auckland mengungkap bahwa perokok pasif memiliki risiko terkena stroke hingga 82 persen lebih tinggi.

4. Jangan stres. Salah satu penyebab stroke adalah stres dan depresi. Jika Anda mulai merasa cemas dan stres, sebaiknya segera lakukan hal yang membuat santai. Anda bisa mendengarkan musik, berjalan-jalan, atau melakukan hal yang membuat pikiran menjadi tenang seperti meditasi.

5. Jangan mengonsumsi minuman bersoda. Jika Anda memiliki kegemaran minum soda sebaiknya berusaha untuk menguranginya. Minuman bersoda juga bisa meningkatkan gula darah yang bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke.

6. Olahraga. Jangan lupa untuk selalu berolahraga secara teratur. Kelebihan berat badan adalah salah satu faktor yang bisa membuat seseorang terkena stroke. Anda bisa berlari, berjalan santai, atau bersepeda. Olahraga teratur bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan menurunkan kemungkinan terjadinya penggumpalan darah.

7. Perhatikan tingkat kolesterol Anda. Jika tingkat kolesterol mencapai 200 sebaiknya segera temui dokter dan periksakan diri Anda.

8. Tidurlah setidaknya tujuh jam, namun jangan lebih dari 10 jam. Tidur lebih dari 10 jam semalam bisa meningkatkan risiko stroke hingga 63 persen, berdasarkan penelitian di Harvard. Jika Anda mendengkur, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Karena orang yang mendengkur berkemungkinan lebih besar untuk terkena stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

9. Minum banyak air. Penelitian di Loma Linda University menemukan bahwa minum sekitar lima gelas air putih atau lebih sehari bisa menurunkan risiko stroke hingga 53 persen. Air bisa membuat darah lebih encer sehingga akan mencegah penggumpalan darah yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Kurang minum juga bisa menurunkan risiko diabetes dan lainnya.

10. Konsumsi tomat, kismis, pisang, dan ubi. Makanan tersebut mengandung potasium yang bisa menurunkan risiko stroke hingga 20 persen. Sumber potasium lainnya adalah sayuran, ikan, dan produk susu. Selain itu, masak makanan Anda menggunakan minyak zaitun. Memasak dengan minyak zaitun bisa menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena stroke. Dengan melakukan langkah di atas Anda akan menjaga jantung tetap sehat dan terhindar dari stroke. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template