Comments

Monday, January 13, 2014

5 Manfaat melahirkan secara caesar

Posted by at 5:59 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/manfaat

Kebanyakan wanita yang akan melahirkan tentu lebih memilih proses kelahiran normal dibandingkan melahirkan secara caesar. Hal ini membuat banyak wanita ketakutan ketika dokter menyarankan mereka untuk melakukan operasi caesar.

Padahal bisa jadi dokter menyarankan operasi caesar untuk kebaikan ibu dan anak, serta adanya kondisi tertentu. Jika Anda diharuskan melakukan operasi caesar, jangan khawatir karena operasi caesar juga bisa memberikan beberapa manfaat, seperti dilansir oleh Mag for Women, berikut ini.

1. Tak terasa sakit

Ini adalah salah satu keuntungan besar dari operasi caesar. Memang luka bekas operasi caesar butuh dirawat lebih lama dan hati-hati, namun sisi positifnya Anda tak perlu mendapatkan jahitan di bagian vagina, memiliki risiko terkena ambeien lebih kecil karena tak harus mengejan, serta tak harus mengalami kontraksi dalam waktu yang sangat lama.

2. Memilih hari kelahiran

 Meski manfaat yang satu ini masih menjadi kontroversi, namun bagi beberapa wanita yang terobsesi melahirkan anak di tanggal cantik, caesar bisa memberikan manfaat tersebut. Memilih tanggal lahir untuk anak berarti bisa membantu Anda menyiapkan segala keperluannya dengan maksimal, mengatur hal-hal di luar kelahiran seperti jadwal kerja dan lainnya.

3. Tepat waktu

 Anda tentu pernah mendengar berbagai cerita mengenai kelahiran normal yang dilakukan tak tepat waktu. Yaitu ketika anak sudah mau lahir sementara ibu terlambat pergi ke rumah sakit, sehingga anak mereka harus lahir di tempat lain seperti taksi atau bahkan kebun rumah sakit. Dengan melakukan operasi caesar Anda tak perlu mengalaminya. Jangan meremehkan manfaat ini karena wanita tentu bisa merasakan manfaat besar karena merasa lebih tenang saat akan melahirkan.

4. Mencegah penularan infeksi pada janin

Wanita yang memiliki infeksi, kanker serviks, atau STD biasanya disarankan dokter untuk melakukan operasi caesar. Hal ini karena operasi caesar akan meminimalisir kemungkinan penularan infeksi dari ibu ke anak. Bahkan jika seorang ibu melahirkan anak kembar dua atau tiga, manfaat ini tetap berlaku ketika wanita melakukan operasi caesar.

5. Menghindari otot robek

Ini adalah salah satu manfaat terbesar dari operasi caesar. Melakukan operasi caesar akan menurunkan risiko robeknya otot seperti ketika melahirkan normal. Tak jarang otot pelvis dan jaringan pada vagina robek ketika melahirkan secara normal. Selain itu, melahirkan secara caesar juga bisa menghindari komplikasi masalah dengan bagian anus dan vagina ketika melahirkan caesar.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ibu ketika melakukan operasi caesar. Setidaknya manfaat di atas bisa membuat Anda lebih tenang dan tidak takut jika diharuskan untuk melahirkan secara caesar oleh dokter.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template