Comments

Monday, January 13, 2014

5 Makanan super untuk pasien diabetes

Posted by at 5:46 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Saat ini banyak orang yang mulai menyadari bahwa terus-menerus mengonsumsi obat berbentuk pil atau kapsul juga bisa memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh. Banyak pula yang mulai beralih untuk menjaga tubuh dengan makanan-makanan alami yang menyehatkan. Hal ini juga berlaku juga bagi pasien diabetes.

Pasien diabetes, terutama diabetes tipe-2 bisa dibantu dengan perubahan diet dan melalui konsumsi makanan-makanan yang sehat. Semakin cepat mengubah pola makan dan diet, semakin mudah pula bagi mereka untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah beberapa makanan super yang bisa membantu menjaga kesehatan pasien diabetes, seperti dilansir oleh Daily Health Post

1. Minyak zaitun extra virgin

 Minyak zaitun extra virgin memberikan manfaat besar pada pasien diabetes maupun pre-diabetes. Sebuah penelitian tahun 2006 menunjukkan bahwa diet mediterannean yang kaya akan minyak zaitun extra virgin ampuh untuk mengontrol tingkat gula dalam darah. Tak hanya menurunkan tingkat gula darah, diet yang kaya minyak zaitun extra virgin juga bisa menurunkan lemak. Antioksidan di dalam minyak zaitun juga bisa menurunkan peradangan yang menjadi penyebab utama diabetes. Bahkan dipercaya bahwa minyak zaitun extra virgin bisa membalikkan keadaan diabetes atau menyembuhkan pre-diabetes.

2. Bawang merah

 Bawang merah adalah salah satu makanan yang mengandung kromium, salah satu zat yang baik untuk mengontrol tingkat gula darah. Penelitian mengungkap bahwa kromium bisa membantu tubuh untuk menggunakan insulin lebih efisien dan menjaga gula darah agar tetap stabil. Selain itu, bawang merah juga bisa menurunkan ketergantungan seseorang terhadap obat-obatan diabetes. Diabetes terkadang juga bisa disebabkan oleh kekurangan kromium, berdasarkan penelitian. Satu cangkir bawang merah mentah bisa memenuhi kebutuhan kromium Anda dalam sehari. Campurkan bawang merah pada makanan atau salad Anda.

3. Kayu manis

 Kayu manis adalah salah satu rempah yang banyak digunakan di Indonesia. Tak hanya serba guna, kayu manis juga memiliki khasiat pengobatan. Kayu manis sudah digunakan sejak zaman Mesir, China, dan India untuk pengobatan dan makanan. Selain itu, kayu manis juga membantu menurunkan tingkat gula darah pada pasien diabetes tipe-2 dan bahkan meningkatkan produksi insulin pada tubuh.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 dan diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care mengungkap bahwa manfaat kayu manis lebih baik daripada pil diabetes atau placebo. Partisipan yang mengonsumsi satu gram kayu manis setiap hari mengalami perbaikan tingkat gula darah setelah 20 hari, bahkan setelah mereka berhenti memakannya.

4. Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun gelap seperti kale, bayam, dan lainnya bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe-2 atau bahkan menangkal diabetes. Hal ini karena mereka mengandung vitamin C, serat, magnesium, dan kalsium yang cukup banyak, disertai dengan rendahnya karbohidrat dan kalori. Makanan semacam ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena aman dan tak akan mempengaruhi gula darah mereka.

5. Kacang

Kacang dipenuhi dengan lemak sehat, vitamin, dan mineral. Berbagai jenis kacang bisa digunakan untuk mencegah diabetes tipe-2 serta mengontrol tingkat gula darah dan berat badan. Kacang almond mengandung protein dan antioksidan serta asam lemak yang baik untuk kesehatan tubuh dan jantung. Penelitian mengungkap bahwa wanita yang mengonsumsi selai kacang lima kali seminggu memiliki kemungkinan terkena diabetes 20 persen lebih rendah.

Itulah beberapa makanan super yang bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes atau pre-diabetes untuk menjaga kadar gula dalam darah mereka. Tak hanya itu, makanan di atas juga baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template