Comments

Thursday, January 9, 2014

Penemuan Terbaru Tentang Bulan

Posted by at 6:10 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/Luar%20angkasa

Bulan boleh dibilang adalah teman terdekat bumi dan satu-satunya benda angkasa yang pernah dijejaki oleh kaki manusia. Hal ini dikarenakan letak bulan yang sangat dekat sementara benda angkasa lainnya yang terlalu jauh.

Berkat hal ini, bulan pun tiap tahunnya silih berganti didatangi oleh misi antariksa mulai dari NASA, Rusia, hingga terakhir China. Berbagai temuan menarik seputar satelit alam bumi ini pun terbongkar satu per satu akibat banyaknya kunjungan yang dilakukan oleh manusia.

Temuan-temuan ini pun ternyata aneh dan bisa mencengangkan kita. Kira-kira apa saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari Listverse berikut ini

1. Ada gempa di bulan

 Meskipun terbentuk dari batuan mati, bulan tak lepas dari aktivitas geologi. Tercatat, bulang sering kali mengalami tremor yang diakibatkan karena bentuknya yang seringkali berubah-ubah.
Perubahan bentuk bulan ini sendiri belum diketahui apa penyebabnya. Ada yang bilang hal ini ada hubungannya dengan pasang surut lautan di bumi, namun hal ini belum terbukti dengan jelas hingga kini.

2. Bulan tak mengorbit bumi

 Banyak yang berpikir bahwa bulan adalah satelit yang setia mengorbit pada bumi. Namun, kenyataannya, bulan dan bumi sebenarnya sama-sama saling mengorbit satu sama lain.
Hal ini disebabkan karena ukuran bulan dan bumi yang hampir sama, satu berbanding empat. Sehingga, kemudian banyak pula yang menyebut bahwa bulan dan bumi adalah saudara kembar.

3. Tempat sampah terluas yang dimiliki manusia

 Berbagai misi perjalanan ke bulan ternyata merusak permukaan dari satelit satu ini. Disebutkan, bulan sekarang tak lebih sama dengan tempat wisata dengan sampah berserakan.
Tercatat, kemungkinan ada 181 ribu kg sampah angkasa yang ada di sana. Semua sampah ini merupakan bekas cat, debu, dan bongkahan komponen pesawat atau roket.?
Ada juga kontainer berisi kotoran manusia yang sengaja ditinggalkan oleh astronot di sana.

4. Ada orang mati di bulan

 Seorang ahli astronomi, Eugene Shoemaker, memimpikan menjejakkan kakinya sendiri di bulan. Namun, sayangnya, karena adanya masalah kesehatan, keinginannya ini pun terpaksa dikubur dalam-dalam.
Baru ketika dirinya meninggal, NASA mencoba mewujudkan mimpi Shoemaker. NASA mengkremasi jasad Shoemaker dan kemudian membawa abunya untuk dikubur di atas permukaan bulan.

5. Bulan adalah 'anak haram' antara bumi dan Planet Theia

Banyak teori coba menjelaskan dari mana sebenarnya bulan berasal. Sampai saat ini lima teori coba dipertahankan, namun yang paling terkenal tentunya adalah teori Cincin Lepas.
Menurut teori ini, dulu ada sebuah protoplanet, sebuah planet yang baru lahir, dengan nama Theia. Planet ini sempat bertabrakan dengan bumi dan mengakibatkan banyak debu akhirnya bertebaran di angkasa.
Debu ini lama-kelamaan berkumpul dan memadat. Akhirnya, padatan ini pun berubah jadi bulan.

6. Ada peninggalan alien di bulan

 Saat para astronot di tahun 60 hingga 70-an pulang dengan membawa batuan bulan, banyak peneliti yang tercengang. Pasalnya batuan tersebut ternyata memiliki magnet padahal di bulan tidak ada kutub.
Ada yang bilang bahwa batu tersebut bisa saja merupakan peninggalan alien yang pernah mengunjungi bulan. Namun, menurut penelitian, bisa jadi magnet itu berasal dari zat besi yang keluar dari inti bulan atau sisa-sisa tabrakan dengan benda angkasa lainnya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template