Comments

Thursday, January 16, 2014

6 Tempat wisata yang bisa memutuskan hubungan cinta (Mitos)

Posted by at 6:01 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/mitos

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi sebuah hiburan tersendiri. Terlebih tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang menawan. Namun terkadang beberapa tempat wisata juga memiliki pantangan tertentu.

Salah satu pantangan tersebut adalah untuk tempat memadu kasih. Beberapa tempat wisata di Tanah Air diyakini menjadi tempat terlarang untuk pacaran. Jika hal itu dilanggar maka siap-siap hubungan kasih tersebut akan kandas.

Meski belum teruji, namun mitos beberapa tempat wisata bisa memisahkan sejoli yang datang seolah sudah jadi menjadi keyakinan publik. Akibat mitos yang kuat ini banyak pasangan yang akan menikah tidak berani mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut.

Berikut enam tempat wisata yang dimitoskan oleh masyarakat sekitar akan memisahkan sejoli yang berkunjung ke sana:

1. Kebun Raya Bogor

Memadu kasih di Kebun Raya Bogor dipercaya akan membuat hubungan sejoli kandas. Mitos begitu mengakar kuat di warga Bogor.

Mitos pacaran bakal putus dikarenakan keberadaan jembatan merah yang ada di Kebun Raya Bogor. Meski belum sepasang kasih tidak harus melewati jembatan tersebut, tetapi jika mendatangi Kebun Raya untuk pacaran banyak yang percaya hubungan mereka tidak akan langgeng.

Namun selain memutuskan hubungan, Kebun Raya juga punya mitos menyatukan sejoli. Jika lawan jenis berkenalan di Kebun Raya, konon hubungan mereka justru akan langgeng. Hal ini karena ada pohon jodoh yang lokasinya tak jauh dari jembatan merah.

2. Candi Prambanan

 Kisah Roro Jonggrang yang meminta seribu candi yang harus dibuat dalam semalam sebagai syarat bila Bandung Bondowoso ingin meminangnya ternyata begitu melegenda. Namun sayang, Bandung Bondowoso yang telah mengerahkan pasukan jin tidak bisa mewujudkan syarat tersebut.

Namun rupanya Roro Jonggrang mengkhianati perjanjian tersebut, sehingga Bandung Bondowoso dan tentara jinnya hanya mampu membuat 999 candi. Namun setelah tahu bahwa Roro Jonggrang curang, Bandung marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke seribu.

Lokasi candi yang dibuat oleh Bandung Bondowoso ini kemudian di sebut Candi Prambanan. Cerita ini kemudian menimbulkan mitos, siapa pun yang memadu kasih di kawasan Candi Prambanan akan putus cinta. Sama seperti halnya cinta Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang yang kandas dan tak pernah kesampaian.

3. Pantai Balekambang di Malang

 Pantai Balekambang yang terletak di daerah Malang Selatan, Jawa Timur juga memiliki mitos yang serupa. Pantai yang berada di Kecamatan Bantur, sangat terkenal dengan pasir putih.

Di kawasan ini terdapat Pura yang ada di pulau kecil di bibir pantainya. Namun di balik keindahan pantai juga tersimpan sebuah mitos.

Siapa saja yang pacaran di tempat ini, dipercaya hubungan mereka akan putus. Namun hal ini hanya berlaku untuk mereka yang pacaran, tidak berlaku? bagi suami istri. Apakah anda percaya dengan mitos ini?

4. Candi Gedong Songo

 Lokasi candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Diberi nama Gedong Songo karena memang ada 9 candi di kawasan tempat wisata sejarah ini.

Belum jelas asal-usulnya, namun masyarakat sekitar percaya jika pacaran di tempat tersebut hubungan tidak akan langgeng. Apalagi jika pacaran dan mengeluarkan rayuan-rayuan gombal. Tak heran banyak warga mengatakan, jangan menggombal di Candi Gedong Songo.

Tak percaya? silakan buktikan dengan pasangan anda dengan menggombal di Candi Gedong Songo

5. Grajakan Nglirip di Tuban

  Grajakan Nglirip adalah sebuah wisata air terjun yang berada di Kabupaten Tuban. Lokasi tempat wisata berada sekitar 36 km dari pusat kota Tuban.

Air terjun Grajakan Nglirip memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Di lokasi juga menyimpan mitos mengandaskan hubungan sejoli.

Warga sekitar percaya, dalam waktu sekitar 40 hari setelah pacaran di tempat tersebut pasangan akan putus. Mitos ini begitu kuat diyakini warga sekitar sehingga banyak pasangan yang akan menikah dilarang atau tidak berani ke lokasi wisata tersebut.

6. Baturraden

 Salah satu tempat wisata yang terkenal di Banyumas, Jawa Tengah adalah Baturraden. Tempat wisata ini seperti halnya Puncak Bogor. Baturraden menawarkan pemandangan dan udara yang dingin.

Namun di Baturraden ini juga terdapat jembatan gantung seperti yang berada di Kebun Raya Bogor. Bahkan tahun pembuatan jembatan ini pun sama. Dan sama halnya dengan di Kebun Raya, pasangan yang memadu kasih di lokawisata ini juga dimitoskan tidak akan langgeng.

Nama Baturraden sendiri berasal dari seorang anak bupati (Raden) yang ketahuan pacaran dengan anak pembantu (Batur). Karena hubungan mereka tidak disetujui kedua orangtuanya, mereka berdua putus hubungan di sebuah hutan. Hutan inilah yang kini disebut Baturraden.
Namun tentunya semua tergantung kepada masing-masing pribadi dalam memandang tempat wisata tersebut. Percaya tidak percaya, mitos tersebut sudah dipercaya sebagian masyarakat. Tinggal bagaimana kita menyikapinya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template