Comments

Monday, January 13, 2014

10 gejala awal arteri tersumbat

Posted by at 4:56 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian yang banyak dialami masyarakat dunia. Tak hanya orang tua dan manula, kini penyakit jantung juga bisa menyerang orang yang masih muda. Salah satu penyebab dan tanda dari penyakit jantung adalah tersumbatnya arteri.

Untuk itu sangat penting untuk mengenali gejala-gejala ringan yang sebenarnya berkaitan dengan arteri yang tersumbat. Beberapa gejala arteri tersumbat terlihat remeh, padahal bisa sangat berbahaya jika diabaikan. Berikut adalah beberapa gejala awal ketika arteri tersumbat, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Sakit pada jantung

 Jika Anda merasakan rasa sakit yang tajam pada bagian jantung, seolah Anda tengah ditusuk oleh pisau, waspadalah. Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri dan kesehatan jantung Anda. Rasa sakit seperti ditikam adalah salah satu tanda umum yang menunjukkan adanya penyumbatan pada arteri.

2. Disfungsi ereksi pada pria

Masalah seksual tak hanya berkaitan dengan kesuburan, namun juga bisa menunjukkan adanya masalah pada jantung. Jika pria sering mengalami kesulitan ereksi atau masalah seksual lainnya, bisa jadi itu akibat arteri yang tersumbat pada bagian pelvis. Hal ini biasanya terjadi sebelum seseorang mengalami serangan jantung.

3. Lelah

 Arteri yang tersumbat menyebabkan aliran darah yang tak lancar. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih mudah lelah dan capek. Meski terlihat remeh, namun jangan abaikan hal ini. Ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter ketika Anda terlalu sering merasa lelah tanpa alasan yang jelas.

4. Mulas

Mulas atau heartburn seringkali dikaitkan dengan masalah pencernaan. Namun jika pencernaan Anda tak bermasalah namun sering mengalami mulas atau heartburn setiap hari, waspadalah. Itu bisa jadi tanda-tanda awal arteri yang tersumbat.

5. Sulit tidur

 Kualitas tidur yang menurun dan kesulitan tidur adalah salah satu hal yang tak boleh diabaikan karena ini bisa jadi salah satu tanda awal dari serangan jantung. Stres, depresi, dan kecemasan juga memiliki peran dalam menyebabkan masalah pada jantung dan arteri. Jika Anda sering kesulitan tidur tanpa alasan, periksakan diri segera.

6. Susah konsentrasi

 Jarang ada orang yang mengaitkan susah konsentrasi dengan arteri yang tersumbat. Namun ini memang fakta. Salah satu gejala awal arteri yang tersumbat adalah susahnya konsentrasi dan merasa tak ingin melakukan apapun. Untuk mencegah hal ini memicu serangan jantung, lakukan yoga setiap hari.

7. Masalah pernapasan

 Ketika arteri mengalami penyumbatan, Anda akan merasa kesulitan bernapas. Sering merasa lelah dan sering mengalami kesulitan bernapas adalah tanda-tanda umum yang biasanya terjadi ketika seseorang mengalami penyumbatan arteri.

8. Kebotakan

 Kebotakan, terutama di bagian depan kepala adalah salah satu tanda arteri yang tersumbat. Hal ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Jika Anda mengalami kebotakan di bagian tersebut, sebaiknya waspadalah dan periksakan diri Anda segera.

9. Perubahan lipatan telinga

 Terjadinya perubahan pada lipatan daun telinga juga menunjukkan gejala arteri yang tersumbat. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk dari arteri atau jantung. Tak ada salahnya untuk mengecek bentuk lipatan daun telinga Anda. Jika mengetahui ada yang aneh, periksakan ke dokter.

10. Nyeri betis

 Nyeri betis tak hanya bisa terjadi ketika Anda kelelahan berjalan, tetapi juga ketika Anda mengalami arteri yang tersumbat.Hal ini biasanya terjadi pada perokok. Tanda-tandanya adalah adanya nyeri betis saat berjalan atau berolahraga.

Itulah beberapa gejala awal yang tampaknya remeh namun bisa menunjukkan adanya arteri yang tersumbat. Jangan meremehkan tanda-tanda di atas. Semakin banyak tanda yang Anda rasakan, sebaiknya semakin cepat pula Anda memeriksakan diri ke dokter.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template